Bidan adalah mereka yang mengkhususkan diri untuk mempelajari bagaimana cara untuk mendampingi Ibu mengandung dari proses kehamilan hingga pasca melahirkan. Bidan seringkali mengorbankan kehidupan pribadinya untuk  mendampingi Ibu mengandung karena Ibu mengandung memilki kebutuhan ekstra. Inilah fakta lainnya mengenai bidan :

Bidan merupakan salah satu profesi tertua di dunia

Dalam sebuah naskah kuno pra-sejarah yang ditemukan, bidan dari Mesir berani mengambil resiko untuk membela keselamatan bayi laki-laki bangsa Yahudi yang diperintahkan Firaun untuk dibunuh. Bidan telah menunjukkan moral dan etika yang tingi dan membela posisi orang-orang yang lemah.

Bidan adalah posisi yang cepat mendapat pekerjaan

Kebutuhan bidan yang tinggi membuat lulusan bidan mudah dalam mencari pekerjaan. Untuk memenuhi kebutuhan bidan, jenjang pendidikan juga mengikuti perkembangan dengan cepat, mulai dari sekolah bidan, pendidikan program bidan, diploma kebidanan, D IV bidan pendiikan, S1 kebidanan dan kini berubah menjadi S2 Kebidanan.

Profesi bidan ditutup untuk laki-laki

Bidan menurut KBBI adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di wilayah negara indonesia serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk diregister, sertifikasi, dan atau secara sah mendapatkan lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan. Namun berbeda dengan di luar Indonesia, profesi ini juga terbuka untuk laki-laki.

Bidan profesional harus lulus ujian kompetensi

Setelah menempuh pendidikan bidan masih belum diperbolehkan untuk membuka praktik. Mereka harus memiliki surat izin praktik bidan (SIPB), yang artinya untuk mendapatkan surat tersebut, bidan harus mendapatkan surat rekomendasi organisasi bidan terlebih dahulu dengan kompetensi perihal :
1.Penilaian kemampuan keilmuan dan keterampilan
2.Kepatuhan terhadap kode etik
3.Kesanggupan melakukan praktik bidan

Uji kompetensi dilaksanakan untuk memastikan jika bidan yang membuka praktik merupakan benar-benar bidan yang kompeten dan bisa mengurangi kematian Ibu dan anak.

Ibu hamil di Indonesia masih memfavoritkan bidan ketimbang dokter kandungan

Faktor biaya dan kedekatan emosional menjadi alasan penting mengapa mereka berkunjung ke bidan. Ibu hamil di pedesaan sulit mendapatkan pelayanan dokter kandungan, jadi bidan adalah pilihan utama. Untuk Ibu hamil di perkotaan lebih cenderung memeriksakan diri ke bidan, sebelum memutuskan untuk ke dokter bila resiko kandungannya tinggi.

Untuk mempermudah penyimpanan data konsultasi telah hadir sistem informasi dari Assist.id . Penyimpanan Assist.id menggunakan cloud jadi tidak perlu khawatir data rusak atau hilang. Ada banyak kemudahan yang ditawarkan Assist.id . Temukan disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi