Dokter Hewan adalah mereka yang mengabdikan hidup mereka untuk menjaga hewan-hewan agar tetap sehat dan membantu mereka disaat kesusahan. Menjadi dokter hewan ada ceritanya masing-masing.

Dokter Hewan adalah mereka orang-orang terpilih

Tidak semua orang yang memiliki keberanian dan semangat tinggi bersedia menjadi dokter hewan. Salah satu kesusahan menjadi dokter hewan adalah harus memahami banyak macam spesies.

Dokter Hewan rela berkorban demi pasien yang membutuhkan bantuan

Tidak semua dokter hewan pada awalnya berani menghadapi segala macam spesies hewan. Mereka juga memiliki kelemahan, namun mereka menghadapinya dengan keberanian ekstra, demi menjalankan tugas mereka.

Melindungi Manusia dengan menjaga kesehatan hewan

Motto seorang dokter hewan adalah "Manusya Mriga Satwa Sewaka”,  yang artinya berusaha mengamalkan ilmu kedokteran hewan yang dimiliki untuk kepentingan manusia. Sebagai informasi tambahan ±70% penyakit manusia dan hewan bersifat zoonosis yang artinya bisa menular dari hewan ke manusia begitu juga sebaliknya. Contoh penyakitnya adalah TBC, flu,toksoplasma, rabies dan leptospirosis. Jadi bisa dibayangkan bagaimana kacaunya kehidupan jika tidak ada dokter hewan.

Memiliki lapangan pekerjaan yang melimpah dan berbagai macam

Dokter hewan tidak hanya bertugas untuk menyembuhkan kucing diare, singa yang terserang asma, atau membantu gajah yang melahirkan. Banyak lowongan pekerjaan lainnya seperti :
-Supervisor di perusahaan pangan
-Supervisor di perusahaan pakan
-Membuka praktek sendiri
-Bekerja di karantina hewan untuk mencegah penyeludupan hewan langka keluar masuk Indonesia
-Menjadi Dosen
-Menjadi Ilmuan
-dan masih banyak lagi

Dihargai karena merupakan pekerjaan yang luar biasa (di luar negri)

Orang luar menghargai pekerjaan ini karena profesi mendatangkan banyak manfaat. Sayangnya di Indonesia pekerjaan ini masih kalah pandangan dari dokter umum dan dokter gigi. Namun masih ada hikmahnya kok. Dengan kurangnya minat pendatang baru di bidang ini maknanya hampir semua lulusan kedokteran hewan tidak ada yang jadi pengangguran intelektual karena kuotanya masih terbuka lebar.

Berani berdiri di haris terdepan jika ada serangan penyakit baru

Orang biasa mungkin panik apabila menemukan bahwa ada jenis penyakit baru yang menyerang,namun tidak dengan dokter hewan, mereka justru senang, karena mereka memiliki tantangan baru untuk mencari solusinya. Mereka pastinya tidak akan tinggal diam jika keselamatan manusia menjadi taruhannya.

Memiliki banyak sahabat berbeda spesies

Hewan berbeda spesies saja bisa bersahabat apalagi hewan dan manusia. Jangan berprasangka bahwa hewan itu tidak memiliki perasaan. Mereka memilikinya. Perlakukanlah mereka dengan baik dan mereka akan menghormati kita, mereka juga akan membuka dirinya terhadap manusia dan kita bisa berteman dengan mereka.

Nah setelah memahami hal tersebut tentu kita bisa lebih menghargai profesi ini bukan? Nah bagi para dokter hewan, untuk memudahkan anda dalam mengelola klinik gunakanlah sistem informasi dari Assist.id Anda bisa dengan mudah, cepat dan efektif mengupload semua laporan serta data dari berbagai jenis hewan, beserta jenis keluhan, waktu konsultasi, sampai detail  daftar obat yang digunakan. Dengan menggunakan sistem informasi dari Assist.id anda akan jauh lebih cepat mengelola data klinik. Anda tidak ingin membuat hewan-hewan itu menunggu anda menyusun laporan klinik sebelum mereka mendapatkan perawatan bukan ?

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi