Perawat adalah mereka yang mendampingi dokter untuk menyembuhkan pasien. Dokter akan sangat kesulitan apabila tidak didampingi perawat dalam pekerjaannya. Selain mendampingi dokter, perawat berkewajiban untuk selalu dekat dengan pasien dan memastikan kondisi mereka baik-baik saja. Berikut adalah fakta lain mengenai perawat :

Sering bersentuhan dengan benda kotor

Tugas utama seorang perawat adalah merawat pasien. Kondisi pasien yang sedang sakit di rumah sakit tidak selalu baik, ada yang mengalami kesulitan BAB,BAK, mengalami kelumpuhan, mengalami luka parah yang perbannya perlu diganti tiap beberapa jam, mengalami gangguan pernafasan dan lainnya. Mereka juga harus bisa mengawasi pasien jika membutuhkan sesuatu, seperti mengganti infus, mengiringi mereka apabila merasa pusing, ingin muntah ataupun sekedar ingin BAK.

Menjaga keluarga pasien

Untuk pasien rawat inap, pasien akan sangat merasa tidak nyaman apabila hanya ditinggal sendiri di RS, biasanya salah satu atau dua anggota keluarga pasien akan berada ditempat untuk berjaga. Selain rutin memeriksa keadaan pasien , perawat juga akan menyediakan kebutuhan tambahan untuk keluarga pasien seperti selimut tambahan ataupun hal lain yang mereka butuhkan.

Mengangkat beban berat

Semua laporan lengkap mengenai catatan medis pasien juga harus bisa mereka bawa ke dokter yang membutuhkan, Tugas seperti pergi ke satu ruang ke ruang lain dalam waktu cepat juga dibutuhkan untuk memaksimalkan pelayanan keshatan ke pasien.

Bekerja lembur

Sama halnya dengan dokter, perawat juga terkadang tidak punya pilihan selain tetap mengerjakan tugasnya meskipun jam kerjanya telah habis. Meskipun hanya terjadi dalam keadaan darurat, perawat tidak mungkin untuk meninggalkan pasiennya, jadi ia harus memastikan keadaan pasiennya stabil terlebih dahulu sebelum bisa pulang.

Jadi posisi perawat sama pentingnya dengan dokter. Sekarang perawat tidak perlu mengangkat data pasien yang berat kemana-mana karena Assist.id sebagai sistem informasi telah hadir untuk membantu pihak klinik dan RS mengelola data. Pengelolaan data Assist sangat luas, mulai dari EMR, Apotek, jadwal konsultasi, dll. Temukan Assist.id disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi