Rekam Medis Kertas (Konvensional) di Rumah Sakit

Sistem informasi manajemen rumah sakit atau yang biasa dikenal sebagai SIMRS merupakan sebuah sistem yang menghubungkan semua bagian pengelolaan rumah sakit. Sistem ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan administrasi serta aktivitas lainnya pada sebuah rumah sakit.

Bagaimana SIMRS mempermudah pekerjaan di Rumah Sakit?

Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, penggunaan aplikasi yang berbasis sistem informasi manajemen rumah sakit tentunya mampu mempermudah setiap tugas yang dilakukan di rumah sakit dengan berbagai keuntungan yang ditawarkannya. Diantaranya adalah:

Mempermudah pengelolaan data rumah sakit

Software pengelolaan data rumah sakit pasti akan menggantikan sistem manual yang kurang efisien dan memiliki banyak keterbatasan. Ini juga akan mempermudah pengelolaan data pasien, stok obat, alat kesehatan, dan semua aktivitas yang terjadi di rumah sakit. Software ini juga akan membuat semua sistem rumah sakit lebih terintegrasi satu sama lain.

Selain itu, sistem penginputan datanya sangat cepat dan mudah digunakan. Output yang dihasilkan juga beragam, tidak terbatas pada satu jenis laporan saja. Dengan satu kali inputan, sistem akan secara otomatis menghasilkan beberapa laporan berdasarkan data yang dimasukkan. Misalnya, ketika melakukan pembelian obat atau memberikan obat kepada pasien, sistem akan otomatis mengelola stok dengan menambah atau menguranginya berdasarkan data yang dimasukkan.

Dengan demikian, para staf di rumah sakit dapat menyelesaikan tugas dengan lebih efisien dalam satu langkah, karena tidak ada lagi pekerjaan manual yang harus dilakukan satu persatu. Berkurangnya pengulangan pekerjaan yang sama tentu akan meningkatkan efisiensi kerja.

Mengurangi kesalahan yang disebabkan oleh alur kerja yang tidak jelas

Sistem yang terintegrasi dalam SIMRS mampu meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi karena alur kerja yang tidak jelas. SIMRS dapat menghubungkan seluruh bagian yang ada dalam rumah sakit, seperti bagian pelayanan, apotek, gudang, dan sebagainya.

Dengan menggunakan software tersebut, setiap bagian mampu mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih cepat dan efisien. Hal ini juga dapat mengurangi kesalahan yang disebabkan oleh ketidakjelasan informasi atau miskomunikasi.

Baca Juga: Mengoptimalkan Pengelolaan Klinik atau Rumah Sakit dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Menghadirkan sistem administrasi yang lebih teratur

Berbeda dengan pekerjaan manual, yang mungkin tidak terorganisir dengan baik dan memiliki akses yang terbatas, SIMRS mampu meningkatkan efisiensi administrasi rumah sakit karena keteraturan hasil pekerjaannya.

Selain itu sistem informasi manajemen rumah sakit juga memudahkan setiap bagian untuk melakukan koreksi dan evaluasi ketika terjadi kesalahan penginputan. Laporan yang telah diperbarui akan secara otomatis disesuaikan setiap kali ada koreksi.

Laporan yang dapat diakses kapan dan dimana saja

Sistem informasi manajemen rumah sakit menyediakan kemudahan dalam mengakses laporan dan semua informasi yang diperlukan secara real-time. Laporan akan terus diperbarui seiring dengan adanya perubahan.

Kemudahan dalam pengolahan data, kemampuan mengurangi kesalahan, menyusun sistem administrasi yang lebih efisien dan terstruktur. Dengan SIMRS, data dapat diuraikan lebih rinci, sehingga dapat diambil tindakan yang lebih tepat waktu. Hal ini juga memungkinkan rumah sakit untuk membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang akurat.

Baca Juga: Kelola Klinik Lebih Mudah Pakai Assist.id

Tertarik Mengetahui Lebih Lanjut mengenai SIMRS? Hubungi Tim Assist.id untuk Informasi Selengkapnya!

Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !