Sistem Informasi Manajemen memudahkan pelayanan di Rumah Sakit

Bukan rahasia lagi bahwa berobat di rumah sakit memerlukan waktu yang lama untuk berkonsultasi dengan dokter. Mulai dari harus tiba sangat pagi untuk mendapatkan nomor antrean awal hingga harus menunggu lama untuk dipanggil dokter.

Untungnya, teknologi informasi dan integrasi data dapat membantu mengurangi antrean panjang ini dan memperbaiki pengalaman pasien. Salah satu solusi yang inovatif adalah mengintegrasikan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Rumah sakit dapat dengan mudah mendapatkan profil tambahan seperti nama, alamat, dan jenis kelamin dari Disdukcapil ketika pasien mendaftar menggunakan e-KTP. Ini juga menghindari kekeliruan pasien dengan nama yang sama, sehingga rekam medis tidak tertukar.

Apa keuntungan dari SIMRS yang terintegrasi?

  • Pendaftaran menjadi lebih cepat: Pasien dapat mendaftar secara online menggunakan gadget untuk mendaftar dengan menggunakan NIK dari e-KTP dan identitas pasien secara otomatis dilengkapi oleh sistem. Jadi, Rumah sakit tidak perlu mengisi formulir pasien baru atau memverifikasi data pasien dengan data NIK.
  • Pelayanan yang Lebih Baik untuk Pasien: Petugas kesehatan dapat memberikan perawatan yang lebih efektif dan sesuai dengan riwayat kesehatan pasien dengan mudah dan cepat dengan integrasi SIMRS.
  • Berkurangnya waktu tunggu dokter: Setelah bagian pendaftaran mengidentifikasi pasien, rekam medis elektronik sudah tersedia untuk dokter, jadi tidak perlu bagi petugas rekam medis untuk membuat dokumen rekam medis untuk diantar ke ruang dokter.
  • Pengurangan Biaya: Integrasi SIMRS dapat membantu rumah sakit mengurangi biaya operasional dan meningkatkan keberlanjutan keuangan dengan mengurangi pekerjaan administratif manual dan meningkatkan efisiensi.
  • Permudah Proses Pengobatan: Penggunaan SIMRS yang terintegrasi dengan sistem BPJS turut membantu mengoptimalkan proses pengobatan dengan memungkinkan pasien untuk mengunggah data surat rujukan mereka ke dalam sistem sebelum kunjungan ke rumah sakit, sehingga proses verifikasi dan persiapan perawatan dapat dilakukan lebih efisien dan dengan lebih sedikit kerumitan.
Baca Juga: Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan

Digitalisasi dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Integrasi SIMRS merupakan alat penting dalam perbaikan pelayanan kesehatan, peningkatan efisiensi operasional, dan perawatan pasien yang lebih baik. Manfaat-manfaat ini dapat membantu rumah sakit untuk menghadapi tantangan modern dalam penyediaan layanan kesehatan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2022 memudahkan semua pihak yang terlibat dalam pelayanan kesehatan dengan mewajibkan semua fasilitas kesehatan untuk menerapkan rekam medis elektronik. Untuk memberikan pelayanan yang sistematis dan menyeluruh, sistem ini harus terintegrasi dengan unit lainnya.

Baca Juga: Kelola Klinik Lebih Mudah Pakai Assist.id

Tertarik Mengetahui Lebih Lanjut? Hubungi Tim Assist.id untuk Informasi Selengkapnya!

Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !