Apakah Bisnis Fasilitas Pelayanan Kesehatan Menjanjikan?

Menjalankan Bisnis Fasilitas Pelayanan Kesehatan tidaklah mudah, apalagi tidak mempunyai passion dan pengetahuan di Bidang ini. Namun ternyata pada kenyataannya sekarang ini banyak banyak sekali Fasilitas Pelayanan Kesehatan baru yang bermunculan seperti Klinik Umum, Klinik Kecantikan dan lain-lain.

Ini menunjukan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan sangat tinggi. Dalam satu daerah saja bisa terdapat beberapa Klinik yang berdekatan, artinya bisnis ini sangat menjanjikan bila dijalankan dengan serius.

Prospek Bisnis Klinik di tahun 2020?

Jika Anda mempunyai niat menjalankan bisnis di tahun 2020 maka ini adalah pilihan yang tepat. Bisnis di bidang kesehatan mempunyai prospek yang cerah dan menguntungkan karena kebutuhan untuk mendapatkan perawatan kesehatan adalah kebutuhan primer masyarakat. Pelayanan kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat adalah Klinik.

Selain itu, banyak juga pilihan Klinik yang bisa Anda jalankan seperti :

  1. Klinik Umum
  2. Klinik Kesehatan Gigi
  3. Klinik Kecantikan
  4. Klinik Cuci Darah
  5. dan Klinik spesialis lainnya

Apa Saja Yang Perlu Disiapkan Untuk Menjalankan Bisnis Klinik?

Nah mari kita bahas apa saja yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis ini.

  1. Perencanaan
    Setiap menjalankan bisnis dalam bidang apapun, perencanaan awal adalah hal yang terpenting, karena menjadi arah kemana bisnis Anda akan menuju. Dalam hal menjalankan bisnis Klinik pertama-tama Anda harus menentukan jenis Klinik yang akan dijalankan sesuai dengan latar belakang atau pengetahuan yang Anda kuasai. Tentu dengan latar belakang dan pengetahuan yang cukup akan mendukung dalam menjalankan bisnis ini sehingga Anda bisa mengetahui apa yang dibutuhkan.
  1. Modal Usaha
    Menjalankan bisnis Klinik membutuhkan biaya yang besar, terlebih peralatan yang disediakan harus lengkap dan berkualitas, fasilitas bangunan dan tenaga medis. Modal tersebut bisa didaptkan dari modal pribadi atau dengan cara bermitra.
  1. Sumber Daya Manusia yang Berkualitas
    Sebuah klinik harus bisa memberikan pelayanan kesehayan yang maksimal dengan menyediakan SDM yang berkualitas. Terutama sebuah klinik harus dipimpin oleh seorang dokter, maka harus yang bisa dipertanggungjawabkan kualitas dan kompetensinya. Selain itu SDM juga termasuk seperti perawat, dokter, dan apoteker serta SDM pendukung lainnya seperti satpam dan staf lainnya. Carinya yang berkualitas dan bertanggunghawab sehingga nantinya akan mendapatkan Trust dan loyalitas dari masyarakat yang menggunakan layanan kesehatan Klinik Anda.
  1. Persaratan mendirikan Klinik
    Sangat penting untuk menyiapkan persyaratan mendirikan klinik agar bisa mendapatkan izin beroperasi. Karena meyiapkan persyaratan ini bisa dibilang susah-susah gampang dengan banyaknya dokumen yang harus disiapkan seperti Surat Permohonan, daftar peralatan medis dan nonmedis, daftar riwayat tenaga medis dan sebagainya. Anda bisa berkonsultasi langsung kepada Dinas Kesehatan untuk persyaratan lebih lengkapnya.
    Usahakan peryaratan ini sudah Anda siapkan sebelum memulai bisnis ini.
  1. Lokasi, kompetisi dan promosi
    Agar dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat maka Klinik harus bisa berada di lokasi yang strategis dan kemudahan akses. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mempertimbangkan kompetitor / Klinik-klinik sejenis yang berada di lokasi tersebut yang berlomba-lomba memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Salah satu strateginya adalah Anda bisa melakukan berbagai macam promosi bahwa Klinik Anda adalah solusi yang tepat untuk penyakit yang diderita oleh pasien.
  1. Sistem Informasi Manajemen Klinik
    Tentu di jaman yang serba modern dan digital ini, sebuah Klinik perlu menggunakan sistem yang bukan manual lagi, karena dengan kemajuan teknologi sudah terdapat sistem pendukung kegiatan Klinik baik front office maupun back office.
    Sistem Informasi Manajemen Klinik ini menjadi sangat penting untuk mendukung kelancaran pelayanan di Klinik sehingga pasien dapat mendapatkan pelayanan terbaik, selain itu juga Anda sebagai pemilik klinik, dokter dan tenaga medis lainya serta para staf akan merasakan kemudahan dan keringanan dalam pekerjaannya.

Untuk bagian Sistem Informasi Klinik, Anda bisa memepercayakannya kepada Sistem Klinik Terbaik Assist.id, perusahaan yang menyediakan layanan sistem untuk mengelola klinik berbasis Cloud Computing yang profesional. Sistem Klinik Assist.id adalah solusi yang telah dipilih oleh berbagai Klinik di Indonesia.
Sistem Klinik Assist.id dilengkapi dengan fitur yang memudahkan pengelolaan Klinik dari mulai pendaftaran, EMR, Apotek, Kasir dan Laporan. Dengan sistem yang berbasis Cloud Computing memberikan kemudahan akses dimana saja dan kapan saja data tersedia dengan cepat dan akurat. Jangan khawatir, sistem Assist.id telah dirancang agar mudah digunakan oleh siapa saja seperti pemilik, dokter dan staf lainnya. Fitur-fitur selengkapnya dan info promo bisa Anda cek disini.

Nah, gimana sudah dapat pencerahan kan untuk menjalankan bisnis Klinik di tahun 2020 ini? Sekarang ini bukan hal yang sulit bagi Anda untuk memulai bisnis Klinik karena kemajuan teknologi yang banyak mendukung dari berbagai aspek.

Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda yang akan memulai menjalankan bisnis Klinik di tahun 2020 ini.


Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id