Seperti yang telah kita ketahui, Klinik adalah salah satu fasilitas kesehatan yang menyediakan pelayanan medis dasar untuk masyarakat. Sebagai penyedia pelayanan kesehatan tentu klinik wajib memiliki prasarana yang memadai, berikut pembahasannya :

1.Instalasi Sanitasi

Mencuci tangan pada wastafel adalah hal penting.

Instalasi sanitasi adalah instalasi yang menanggulangi manajemen pembersihan ekstrasi tubuh manusia yang bertujuan untuk mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya. Yang dimaksud dengan intalasi sanitasi berupa toilet dan kamar mandi, instalasi pengelolaan limbah, sanitasi ruang, dll.

2.Instalasi Listrik

Lampu pada meja operasi

Instalasi listrik memiliki fungsi penting pada klinik. Pencahayaan, peralatan medis, administrasi klinik fungsi kerjanya sangat berpengaruh pada ketersediaan listrik dan tidak akan bekerja tanpa ketersediaan listrik.

3.Pencegahan dan penanggulangan Kebakaran

Alat Pemadam Kebakaran wajib tersedia pada Klinik

Bencana kebakaran sering datang tanpa peringatan. Penyebabnya bisa banyak dan tidak terduga. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menyediakan perlengkapan pencegahan kebakaran seperti menyediakan alat pemadam kebakaran.

4.Ambulans

Ambulans

Khusus klinik yang menyediakan fasilitas rawat inap, sebaiknya juga menyediakan fasilitas Ambulans untuk menjemput dan mengantar pasien.

5.Sistem Sirkulasi Udara

Sirkulasi Udara akan membuat kondisi tubuh lebih baik

Sirkulasi Udara yang baik akan membuat kondisi pasien lebih baik. Anda tentu tidak ingin mengambil resiko kondisi pasien memburuk hanya karena klinik Anda memiliki sistem sirkulasi udara yang buruk bukan ?

6.Sistem Pencahayaan

Sistem pencahayaan penting dalam pelayanan kesehatan

Sistem pencahayaan juga mengambil peran penting dalam pelayanan kesehatan. Proses diagnosa penyakit, peracikan obat hingga administrasi tidak akan berjalan lancar tanpa pencahayaan yang baik.

7.Prasarana lain sesuai dengan kebutuhan klinik

Prasarana setiap klinik berbeda-beda sesuai dengan jenis kliniknya. Sama halnya dengan klinik kecantikan yang memerlukan Skin Analyzer, dan Klinik Hewan yang memerlukan Veterinary Hematology Analyzer.

Nah itulah prasarana minimum yang wajib dimiliki bangunan Klinik. Gunakanlah Assist.id sebagai sistem informasi klinik Anda. Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi