Ahli terapi memiliki tugas untuk membantu menghadapi tekanan, depresi, kecemasan, dan gangguan kejiwaan yang terjadi pada seseorang. Jenis ahli terapi terdiri dari berbagai macam, yaitu spesialis di bidang perkawinan atau bimbingan keluarga, pekerjaan sosial, sekolah dan lainnya.

Anda tertarik untuk menjadi seorang ahli terapi ? Yuk, simak persyaratannya.

Meraih gelar pasca sarjana

Anda disarankan untuk menyelesaikan program magister atau Ph.D. Sebagian besar program akan meliputi pekerjaan di ruang kelas, penelitian, pekerjaan lapangan, dan psikoterapi di bawah supervisi. Ingat selalu tujuan karier Anda selagi berusaha meraih gelar Anda. Pilihlah kelas-kelas yang akan membantu Anda mempelajari sebanyak mungkin jenis terapi yang akan Anda ikuti spesialisasinya.

Mendapatkan pengalaman klinis

Ada berbagai jenis persyaratan untuk menjadi seorang ahli, tergantung dari jenis terapinya. Namun sebagian besar mengharukan anda untuk mendapatkan minimum 2 tahun penglaman kerja di klinik ataupun tempat praktik swasta. Pengalaman kerja tersebut harus setingkat dengan pascasarjana dan dipandu langsung oleh supervisi ahli terapi yang memiliki lisensi. Nah bagi anda yang ingin menjadi Psikolog atau Psikiatri, persyaratan klinis yang dibutuhkan akan jauh lebih ketat. Untuk membantu pekerja pelayanan kesehatan, software aplikasi klinik Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri, klinik hingga rumah sakit yang dapat Anda coba secara gratis selama 14 hari di link ini.

Mendapatkan lisensi

Sebagian wilayah mengharuskan ahli terapi untuk lulus ujian lisensi. Cari tahulah lisensi apa yang wilayah anda butuhkan untuk persiapan ujian menjadi seorang ahli terapi. Dan jangan lupa untuk memperbarui lisensi anda setiap tahunnya sesuai dengan aturan wilayah anda.