Peran Apotek di masa pandemi

Apotek memainkan peran penting dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona dengan menyediakan obat-obatan dan alat kesehatan seperti multivitamin untuk meningkatkan imunitas dan masker untuk perlindungan diri bagi masyarakat.

Dalam hal ini, banyak masyarakat yang mendatangi Apotek selain untuk membeli obat-obatan resep dokter, juga untuk membeli multivitamin serta masker. Dengan banyaknya pembeli ini tentu menjadikan resiko penularan virus corona menjadi lebih besar. Maka dari itu cdc.gov (Centers for Disease Control and Prevention) memberikan rekomendasi tips untuk Apotek agar pelayanan di Apotek tetap aman.

  1. Staf yang melayani dalam keadaan sehat, anjurkan staf yang sakit untuk istirahat di rumah.
  2. Menyediakan peralatan kebersihan seperti Hand Sanitizer atau tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk pelanggan dan staf.
  3. Mengatur jarak aman di ruang tunggu dengan memberikan signage, penghalang ataupun penanda di lantai.
  4. Membuat penghalang atau ruangan khusus untuk konter penerimaan resep dan penyerahan obat.
  5. Bersihkan Apotek secara rutin dengan desinfektan terutama benda yang sering dipegang.
  6. Hentikan penggunaan barang-barang yang digunakan bersama seperti majalah, alat tulis dan lain-lain.
  7. Berikan pelayanan yang maksimal dan cepat sehingga tidak banyak antrian di Apotek, dengan menerapkan teknologi sistem manajemen informasi Apotek.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan cepat, Apotek bisa menggunakan produk Pharma by Assist.id. Sistem Apotek Premium yang memberikan segala kemudahan pengelolaan Apotek.

Sistem Apotek Pharma by Assist.id

Pharma by Assist.id sangat mendukung penerapan Physical Distancing di Apotek sehingga bisa meminimalisir penyebaran virus. Dengan fitur yang lengkap sistem Apotek Pharma sangat cocok untuk diterapkan oleh Apotek di era digitalisasi ini.

  1. Data Stok Obat Otomatis, semua data obat dihitung secara otomatis berdasarkan penjualan. Kartu stok obat digital, slow moving fast moving, peringatan stok obat kadaluarsa dan habis.
  2. Meningkatkan Loyalitas, Anda bisa menerapkan sistem multi level harga untuk setiap obat, memungkinkan untuk skema membership.
  3. Laporan Mudah & Lengkap, lapotan Apotek tanpa ribet menghemat waktu Anda yang berharga. Termasuk laporan transaksi harian, keuntungan penjualan dan masih banyak lagi.
  4. POS Kasir Pembayaran, pencatatan transaksi dan melihat riwayat pembelian menjadi lebih mudah. Anda dapat print struk atau kirim bukti pembelian ke email customer langsung.
  5. Akses Multiflatform dan Realtime, aplikasi bisa diakses dari Komputer, Tablet dan Hp dengan mudah dimana saja, kapan saja bahkan #dirumahaja

Dengan kemudahan yang diberikan dari sistem manajemen informasi Apotek Pharma by Assist.id kini kelola stok obat, POS pembayaran kasir, serta pelaporan menjadi lebih efisien. Sehingga dalam masa seperti ini Apotek mampu bertahan dengan memberikan pelayanan yang maksimal, cepat dan aman.