Di era saat ini, aktivitas manusia sangat dipengaruhi oleh teknologi digital, mulai dari pekerjaan sehari- hari hingga interaksi sosial. Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah menyaksikan perubahan besar dalam teknologi.

Kehadiran teknologi digital telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk cara mengelola dan mengoperasikan klinik kesehatan. Klinik dan rumah sakit sekarang harus beradaptasi dengan era digital. Jika tidak, pasien mungkin akan mencari pelayanan di tempat lain yang lebih modern. Sebagai pelaku bisnis klinik, tentu tidak ingin hal ini terjadi.

Mengelola Manajemen Klinik di Era Digital

Hingga saat ini, banyak klinik yang masih menggunakan metode manual untuk mengelola manajemen. Namun, dalam era yang serba cepat seperti sekarang ini metode manual tidak lagi efektif dan efisien. Hal ini terlihat dari lamanya waktu yang dibutuhkan dalam melayani pasien, mencari obat, serta melakukan pelaporan.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi klinik untuk beralih ke metode yang lebih modern dengan menggunakan teknologi digital. Ini akan membantu pihak klinik memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien, mempermudah proses pelaporan dan tentu akan meningkatkan kepuasan pasien. Artikel ini akan membahas bagaimana mengelola manajemen klinik di era digital.

Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Klinik yang terbaik

Aspek terpenting dalam beralih dari metode lama ke metode baru di klinik adalah memilih aplikasi klinik yang terbaik. Aplikasi klinik dapat mempermudah manajemen dan operasional klinik, mulai dari pelayanan pasien hingga pembuatan laporan yang mendukung peningkatan akreditasi klinik. Keunggulan teknologi dalam aplikasi klinik dapat dilihat dari berbagai fitur, layanan, dan kemampuan untuk mengembangkan aplikasi klinik sesuai dengan tuntutan zaman.

Penggunaan Media Sosial

Penggunaan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok dan sebagainya merupakan faktor penting kedua dalam menyebarkan informasi kepada audiens. Selain sebagai sumber informasi, klinik juga dapat memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran digital untuk menarik customer baru dan meningkatkan keuntungan finansial. Ini mencakup berbagai upaya yang dapat dilakukan melalui media sosial seperti membuat konten menarik dan mempromosikan layanan klinik.

Mengaktifkan Konsultasi Online

Dengan menggunakan platform atau aplikasi tertentu, klinik dapat dengan mudah menyusun jadwal konsultasi online, seperti membuka layanan konsultasi dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam. Salah satu keuntungan dari konsultasi online adalah pasien tidak perlu lagi mengunjungi klinik secara langsung, sehingga mereka tidak perlu menunggu antrian untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sistem Pemesanan Online

Antrean panjang di klinik seringkali berdampak negatif terutama dalam hal kesehatan. Setiap pasien di ruang tunggu mungkin memiliki keluhan kesehatan yang berbeda. Beberapa pasien bisa saja menderita penyakit yang dapat menular melalui udara. Dengan sistem reservasi online, klinik dapat meningkatkan pelayanan kepada pasien secara signifikan.

Selain itu, dokter yang berpraktek dapat dengan mudah mengetahui berapa banyak pasien yang akan mereka layani dalam satu hari secara real-time. Hal ini membantu menghindari antrian panjang dan penumpukan pasien yang ingin mendapatkan perawatan kesehatan sekaligus.

Integrasi dengan Aplikasi Pemerintah (BPJS dan SATUSEHAT)

Pentingnya integrasi dengan BPJS karena mayoritas masyarakat Indonesia bergantung pada program jaminan kesehatan pemerintah, yaitu BPJS. Jika klinik tidak terhubung secara online dengan BPJS, hal ini dapat menghambat pengobatan pasien.

Klinik harus memiliki aplikasi yang dapat terhubung secara online ke akun BPJS setiap pasien. Hal ini akan mempercepat proses pemrosesan pasien yang menggunakan BPJS sebagai metode pembayaran.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Klinik Kesehatan
Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !