Untuk bertahan dalam bisnis anda memerlukan cash flow yang baik. Saat baru memulai bisnis, tidak memungkinkan untuk memiliki akses agar mendapatkan banyak modal. Selama fase ini kita anda harus bisa memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia agar tidak kehabisan modal.

Berikut adalah beberapa cara agar anda dapat mengembangkan bisnis dengan anggaran ketat :

Mempersiapkan sarana yang cukup sebelum memulai bisnis klinik

Perlu diingat bahwa saat baru terjun ke dunia bisnis terutama bisnis klinik, kemungkinan anda akan kewalahaan dalam memilah informasi sangat tinggi. Persiapkanlah segala hal yang anda perlukan untuk memulai usaha klinik sesuai dengan jenis klinik yang ingin anda dirikan.

Melakukan perencanaan bisnis dengan matang

Perencanaan bisnis yang dimaksud disini seperti dana yang dimiliki, perlengkapan yang dibutuhkan, tempat pengoperasian dan sebagainya. Dengan mengetahui garis besar hal yang ingin anda lakukan maka akan mempermudah anda dalam memulai usaha klinik.

Melakukan pembukuan dari awal

Hal yang peling sering terlupakan adalah pembukuan. Banyak pemilik bisnis melupakan urusan pembukuan seperti melapor pajak. Melakukan pembukuan tidaklah sulit, dan tidak memerlukan biaya yang besar. Semakin lama ditunda maka akan semakin sulit untuk memonitor keuangan, dan semakin dekat tagihan yang harus dibayar, jika terlewati maka akan membayar denda.

Membangun situs web

Akan lebih baik jika anda memiliki situs web untuk klinik anda. Anda dapat menempatkan banyak infromasi penting untuk pasien anda yang dapat mereka akses dengan cepat dari genggaman mereka.

Menggunakan sistem informasi untuk manajemen klinik anda

Akan jauh lebih baik saat anda menggunakan sistem informasi untuk klinik anda. Dengan sistem informasi anda dapat menyimpan semua informasi mengenai klinik dan data dijamin tidak akan hilang karena tersimpan secara online. Anda juga dapat memantau aktifitas klinik seperti stock obat, kasir, serta berbagai informasi lainnya langsung dari genggaman anda. Anda bisa jauh lebih hemat jika anda mengetahui semua stock anda.

Gunakanlah Assist.id sebagai sistem informasi klinik anda. Ada banyak fitur menarik yang bisa anda dapatkan dengan Assist.id. Pelajarilah fitur menarik Assist.id disini.


Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id