Klinik merupakan fasilitas pertolongan pertama yang paling dicari sebelum Rumah Sakit. Jadi merupakan hal yang wajar apabila klinik lebih sering dikunjungi dibanding RS. Hal ini  juga menjadi salah satu alasan banyak pengusaha baru mendirikan klinik.

Bagi Anda yang ingin membangun klinik hal-hal berikut perlu diperhatikan sebelum membangun klinik :

Menentukan target pasien

Jenis klinik apakah yang ingin Anda bangun ?? Apakah klinik kecantikan, klinik anak, klinik hewan, klinik umum, dan sebagainya. Ketahuilah dan perhatikan setiap aspek yang ingin Anda tampilkan pada klinik Anda.

Memilih lokasi klinik yang strategis

Lokasi strategis akan sangat menunjang dalam kesuksesan bisnis, termasuk lokasi klinik karena mudah dicari. Namun Anda tidak perlu khawatir karena klinik yang sukses bukan ditentukan dari lokasinya saja. Tempat yang kurang strategis juga bisa mendatangkan pasien ke klinik Anda dengan fitur Assist.id yang memudahkan pasien untuk menemukan Anda dengan bantuan Google Map. Jadi tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pasien dengan lokasi klinik yang kurang strategis.

Mempersiapkan surat izin usaha

Dalam mendirikan usaha klinik tentu harus memiliki izin operasi. Hal ini diperlukan agar pemilik klinik terhindar dari penggusuran, penutupan paksa ataupun hal yang tak diinginkan lainnya di kemudian hari. Pasien juga akan lebih percaya pada klinik yang memiliki surat izin beroperasi.

Sarana dan Prasarana klinik

Apa jadinya klinik tanpa peralatan medis ?? Tentu kemampuan dokter dalam mendiagnosa pasien tidak bisa dimanfaatkan secara maksimum. Dan pasien tidak merasa nyaman dengan hal tersebut. Ada baiknya klinik Anda memenuhi kebutuhan mendasar sebelum membuka klinik.

Melakukan promosi

Ada banyak cara promosi yang dapat dilakukan, seperti ikut mensponsori berbagai macam acara, melakukan promosi dengan mengandalkan media online dan lain sebagainya.

Baca juga tips klinik lainnya disini :

Efektifkan Laporan Klinik Anda dengan Menerapkan 3 Hal Ini!

Maksimumkan kualitas pelayanan klinik Anda

Kualitas pelayanan klinik sangat menentukan reaksi pasien Anda. Kualitas pelayanan yang memuaskan dapat membuat pasien Anda betah untuk konsultasi kepada Anda namun sebaliknya apabila kualitas pelayanan Anda kurang memuaskan maka, klinik Anda akan jarang dikunjungi pasien.

Maksimumkanlah kualitas pelayanan Anda dengan meningkatkan kinerja pendataan klinik. Menggunakan Assist.id Anda dapat menyusun laporan keuangan , menyusun data EMR pasien dan mengaksesnya dimanapun dan kapanpun dengan mudah , membuat pasien dapat menemukan Anda dengan mudah dengan bantuan Google Map, dan masih banyak lagi.

Assist.id memiliki berbagai produk berupa Sistem Informasi Manajemen untuk Fasilitas Kesehatan sangat mendukung perkembangan teknologi dalam digitalisasi layanan masyarakat sehingga dapat lebih efisien dan menunjang profesionalitas dalam proses pelayanan kepada masyarakat. Kenyamanan mengelola klinik, apotek dan rumah sakit dimulai dari Assist.id. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi Assist.id

Follow Social Media kami untuk informasi lainnya

Instagram @Assistid | Facebook AssistIndonesiaOfficial