Akreditasi adalah proses evaluasi yang dilakukan oleh badan atau lembaga independen untuk menilai apakah sebuah organisasi memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Pentingnya akreditasi terletak pada upaya organisasi untuk memperoleh pengakuan dan rekognisi dari pihak luar.

Baca Juga: Ketahui Standar Terbaru Persyaratan Akreditasi Klinik

Salah satu jenis akreditasi yang dicari oleh berbagai lembaga adalah akreditasi klinik. Proses evaluasi ini bertujuan untuk menilai sejauh mana sebuah klinik memenuhi standar yang ditetapkan oleh badan atau lembaga akreditasi. Akreditasi klinik juga berfokus pada meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh klinik tersebut.

Di Indonesia, akreditasi klinik dilakukan oleh Kementerian Kesehatan melalui Lembaga Penyelenggara Akreditasi. Pemilik klinik yang ingin mengajukan permohonan akreditasi harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/110/2023 Tentang Tarif Survei Akreditas Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi ditetapkan dalam bentuk Tarif Survei Akreditasi berdasarkan beberapa hal meliputi jenis dan klasifikasi fasilitas pelayanan kesehatan, jumlah surveior, dan jumlah hari pelaksanaan survei sebagai berikut:

Biaya Akreditasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Biaya akreditasi klinik mencakup biaya administrasi, sertifikat, dan surat keterangan akreditasi. Biaya administrasi mencakup biaya untuk pelatihan, ujian, dan verifikasi. Selain itu, biaya tambahan untuk sertifikat akreditasi dan surat keterangan akreditasi juga dikenakan.

Kesimpulannya, biaya akreditasi klinik di Indonesia bervariasi tergantung pada jenis akreditasi yang diminta mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp 16.000.000. Biaya tersebut mencakup biaya administrasi, sertifikat, dan surat keterangan akreditasi. Dengan akreditasi, klinik dapat menilai dan meningkatkan mutu layanan kesehatan yang diberikan, memberikan kepercayaan bagi masyarakat, dan memenuhi standar mutu yang ditetapkan.

Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !