Halo Rekan Assist.id! Salah satu cara yang dilakukan untuk menghindari adanya penyebaran Virus Covid 19 di Fasilitas Kesehatan adalah melakukan pemeriksaan awal atau Screening Virus Covid 19 pada pasien.

Table Of Content

  1. Apa itu Screening Covid 19
  2. Bagaimana Screening dilakukan
  3. Manfaat Screening Covid 19
  4. Cara Screening Di Aplikasi Medicaboo

Apa itu Screening Covid 19

Screening Covid 19 adalah tindakan awal yang dilakuakan untuk mengetahui apakah seseorang mempunyai potensi kemungkinan terpapar covid 19 atau tidak. Langkah ini dilakukan untuk mengurang penyebaran Covid 19 dimasyarakat.

Bagaimana Screening dilakukan

Biasanya Fasilitas Kesehatan akan melakukan screening pada setiap pasien yang datang dengan mengecek suhu tubuh dan mengajukan beberapa pertanyaan, seperti:

  • Suhu Tubuh
  • Riwayat Perjalanan
  • Kondisi Kesehatan selama 14 hari kebelakang

Screening Covid 19 ini sangat penting dilakukan oleh Fasilitas Kesehatan dan Pasien itu sendiri sebagai tindakan mengurangi penyebaran virus ini. Oleh karena itu melalui aplikasi Medicaboo, Assist.id menyediakan fitur pemeriksaan awal atau screening Covid 19 yang bisa dilakukan oleh pasien secara mandiri saat melakukan pendafataran di Fasilitas Kesehatan Anda.

Manfaat Screening Covid 19

Berikut ini adalah manfaat ketika Pasien melakukan screening Covid 19 di aplikasi Medicaboo, diantaranya:

  • Mengetahui potensi resiko Pasien lebih awal apakah mempunyai resiko rendah, sedang atau tinggi.
  • Proses screening menjadi lebih cepat, dibandingkan dilakukan secara manual di Klinik.
  • Mengurangi antrian / pasien menunggu lama saat screening.
  • Sebagai langkah menerapkan protokol Physical Distancing.

Cara Screening Di Aplikasi Medicaboo

Melakukan Screening di Aplikasi Medicaboo sangat mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi Medicaboo dan Log in

2. Apabila Pasien telah terdafatar di Fasilitas Kesehatan Anda, Pasien dapat memilih Fasilitas Kehetan Anda yang berada pada halaman utama Aplikasi Medicaboo. Atau Anda juga bisa mengirimkan undangan kepada pasien untuk dapat mengakses aplikasi medicaboo.

Selengkapnya Tutorial Mengundangan Pasien menggunakan Aplikasi Medicaboo

3. Kemudian Klik Dokter dan pilih Dokter

4. Klik Book

5. Isi form Appointment

  • Keluhan
  • Schedule
  • Payment Method
  • Faktor Kontak/Paparan

Pada Faktor Kontak/Paparan, pasien dapat menjawab pertanyaan-pertannaan. Karena ini sifatnya self-assesment maka diharapkan pasien menjawab dengan jujur.

Setelah Pasien menjawab pertanyaan tersebut, sistem akan menganalisa kemungkinan potensi terpapar atau tidaknya. Hasilnya sebagai berikut:

Hasil dari Screening yang dilakukan Pasien saat pendaftaran ini, datanya bisa Anda lihat pada pendaftaran yang ada di Sistem dan pada Rekam Medis Pasien.

Sekian cara melakukan Screening Covid 19 untuk pasien di Aplikasi Medicaboo yang terhubung dengan Sistem Klinik Assist.id. Ayo ajak pasien Anda booking ke faskes Anda melalui aplikasi pasien Medicaboo yang terhubung langsung dengan Assist.id. Admisi dan dokter akan menerima info screening langsung tanpa ribet dari pasien di sistem klinik Assist.id.

Semoga bisa diimlementasikan di Klinik Anda dengan baik.

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba! (▔▽▔)/

Live Chat sistem klinik Assist.id