Sebelum adanya Rekam Medis Elektronik, dokter dan tenaga medis biasanya mencatat Rekam Medis pasien secara manual. Rekam Medis ini berupa berkas yang berisikan informasi dan dokumen tentang identitas pasien, hasil pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan layanan lain yang diberikan kepada pasien (Permenkes No. 269/MENKES/PER/III/2008).

Sarana pelayanan kesehatan wajib menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Rekam Medis ini (Permenkes No. 269, Pasal 7). Baik itu berupa media penyimpanan atau alat yang mendukung pencatatan Rekam Medis pasien.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, pemerintah melalui Permenkes (PMK) No. 24/2022 telah mewajibkan klinik dan fasilitas kesehatan lainnya untuk menggunakan Rekam Medis Elektronik mulai bulan Desember 2023.

Rekam Medis dalam bentuk manual akan digantikan oleh Rekam Medis Elektronik, dan klinik harus menggunakan aplikasi klinik yang mendukung untuk penyelenggaraan Rekam Medis Elektronik.

Tentu saja, penggunaan Rekam Medis Elektronik membawa sejumlah keuntungan bagi klinik, berikut diantaranya:

1. Menekan Biaya Pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK)

Meskipun penerapan sistem klinik untuk mendukung Rekam Medis Elektronik memerlukan investasi, namun biaya yang dikeluarkan jauh lebih efisien dibandingkan dengan pembelian ATK untuk Rekam Medis manual.

Aplikasi Klinik berbasis web juga merupakan pilihan yang lebih ekonomis karena klinik tidak perlu memiliki server sendiri dan tidak memerlukan perangkat komputer dengan spesifikasi khusus.

2. Mempercepat Layanan Klinik

Klinik yang telah mengadopsi Rekam Medis Elektronik akan merasakan kemudahan dalam mencari data rekam medis pasien. Dibandingkan dengan pencatatan manual, informasi Rekam Medis Elektronik pasien dapat diakses dengan sekali klik melalui aplikasi klinik terbaik. Hal ini akan otomatis mempercepat waktu pelayanan pasien.

3. Integrasi Antar Layanan yang Mudah

Rekam Medis Elektronik yang diintegrasikan dengan aplikasi klinik yang optimal akan mempermudah klinik dalam segi operasional, pencatatan, dan keakuratan data Rekam Medis pasien.

Sistem klinik memungkinkan integrasi data antar layanan atau poli secara mudah. Dengan aplikasi klinik berbasis web, setiap layanan dapat terhubung satu sama lain tanpa perlu memasang software tambahan di tiap-tiap unit komputer di klinik.

Penerapan Rekam Medis Elektronik akan membantu klinik bertransformasi ke dalam era digitalisasi klinik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Di era serba digital seperti sekarang, penyelenggaraan Rekam Medis Elektronik menjadi suatu kebutuhan agar klinik tetap relevan dan berkembang.

Apakah klinik Anda sudah menggunakan aplikasi klinik dengan Rekam Medis Elektronik? Jika belum, ayo kenali MyKlinik! MyKlinik adalah software SIM untuk Klinik Pratama, Utama, Praktek Mandiri, dan Puskesmas. MyKlinik menawarkan berbagai fitur unggulan, terutama dukungan untuk Rekam Medis Elektronik.

Assist.id - Aplikasi Rekam Medis Elektronik Klinik

Dengan berlangganan dan menggunakan Assist.id sebagai SIM Klinik dan aplikasi klinik Anda, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat, di antaranya:

  • Cek kegiatan klinik dari mana saja!
  • Reservasi online untuk pasien dari rumah!
  • Mudahnya membuat laporan hasil kegiatan manajemen klinik.
  • Rekam Medis Elektronik yang sesuai dengan Permenkes!
  • Fitur lengkap dengan harga istimewa!
  • Harga terjangkau dengan layanan berlimpah!
  • Semua fitur terintegrasi dan mendukung Bridging BPJS!

Jangan ragu lagi, segera beralih ke Assist.id dan rasakan kemudahan serta manfaat dari Rekam Medis Elektronik untuk klinik Anda. Layanan klinik akan semakin efisien dan memberikan pengalaman terbaik bagi pasien Anda. Lebih Mudah Pakai Assist.id

Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !