Halo Rekan Assist.id semuanya, sudah tau kan Sistem Klinik Assist.id punya fasilitas Booking Online untuk Pasien melalui Aplikasi Mobile Medicaboo?

Yapp, betul banget! Dalam Sistem Klinik Assist.id ada fasilitas yang kekinian banget yang membuat Pasien dapat lebih mudah untuk membuat jadwal konsultasi dengan booking online melalui Aplikasi Medicaboo. Kalau biasanya Pasien harus datang langsung ke Faskes atau melalui telepon maupun Whatsapp, yang sebenarnya cara itu sangat tidak efektif karena cukup memakan biaya dan waktu. Apalagi saat menangani ratusan hingga ribuan pasien yang mendaftar.

Pada Blog kali ini, Assist.id akan menjelaskan bagaimana cara untuk Pasien Melakukan Booking Konsultasi Dokter secara Online melalui Aplikasi Medicaboo. Dimana sebelumnya Faskes atau Klinik telah mengirimkan Undangan untuk menggunakan Aplikasi Medicaboo, untuk caranya bisa klik Link dibawah ini.

Tutorial : Cara Mengundang Pasien Menggunakan Aplikasi Medicaboo
  1. Download Aplikasi Medicaboo di Playstore, anda bisa Klik disini.
  2. Login dengan Alamat Email yang terdaftar pada Klinik dan Masukkan Password yang telah dikirimkan Klinik melalui email.

Karena Pasien sudah terdaftar pada Faskes atau Klinik yang memberikan undangan, maka pada halaman utama aplikasi terlihat keterangan Faskes Terdaftar. Pasien dapat terdaftar pada beberapa Faskes yang menggunakan Sistem Assist.id. Sehingga disini Pasien lebih mudah melakukan pendaftaran pada Faskes atau Klinik yang biasanya dikunjungi.

Karena Pasien telah terdaftar sebelumnya di Klinik, maka akun di aplikasi ini sudah terverifikasi sehingga data Pasien juga dengan otomatis terhubung pada aplikasi Medicaboo.

  1. Selanjutnya untuk melakukan penjadwalan secara online, Klik pada Klinik di Faskes Terdafatar

Anda akan diteruskan ke halaman Profile Klinik tersebut. Pada halaman ini berisi informasi Klinik, seperti:

  • Fasilitas apa saja yang tersedia di Klinik
  • Jadwal Praktek Dokter di Klinik
  • Lokasi Klinik
  • Foto-foto Klinik
  1. Kemudian Klik Dokter
  1. Kemudian Pilih Dokter yang akan dituju.

Anda akan diteruskan ke halaman Profile Dokter. Pada halaman ini berisi informasi Dokter, seperti:

  • Kisaran biaya Dokter
  • Jadwal Praktek
  1. Kemudian Klik Book.
  1. Isi Keluhan yang dirasakan, kemudian Klik UBAH pada jadwal Konsultasi untuk memilih jadwal.
  1. Klik Ubah pada Faktor Kontak/Paparan dan jawab pertanyaa-pertanyaannya untuk melakukan screening covid 19 secara mandiri
  1. Kemudian Klik UBAH pada Metode Pembayaran untuk memilih metode pembayaran yang dilakukan

Ada 4 metode pembayaran yang bisa dipilih, diantaranya:

  • BPJS (Pasien harus meng-upload foto kartu BPJS atau surat rujukan)
  • Personal Cost
  • Company
  • Insurance

Setelah memilih Payment Method, Klik tanda Centang.

  1. Cek kembali data bookingan Anda, jika sudah benar Klik BOOK.

Pasien akan mendapatkan notifikasi bahwal Booking Konsultasi telah berhasil dibuat.

selanjutnya Pasien menunggu pihak Klinik untuk melakukan konfirmasi pada bookingan Pasien. Pasien dapat melihat status Booking nya pada menu Riwayat, lalu Klik pada jadwal Konsultasi yang telah dibuat.

Berikut adalah keterangan pada Booking Jadwal Konsultasi Pasien

Booking Online Konsultasi Dokter telah selesai dibuat, selanjutnya Pasien diharapkan data 30 menit sebelum jadwal konsultasi. Kemudian apabila sudah sampai di Klinik Pasien bisa langsung melakukan Check-in dengan Scan QR Code yang ada di Klinik dengan cara:

  • Klik Icon Barcode pada detail Booking Konsultasi
  • Klik Icon + untuk scan QR Code di Klinik

Gimana mudah melakukan Booking Online Konsultasi Dokter. Cara ini nyaman banget bagi Pasien karena dengan mengetahui estimasi jadwal konsultasinya Pasien tidak perlu menunggu lama di Klinik.

Sekian penjelasan mengenai Cara Booking Online Konsultasi Dokter di Faskes atau Klinik yang menggunakan Sistem Klinik Assist.id. Selamat mencobanya.

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini