Pasien sering bertanya-tanya, apa yang harus mereka lengkapi, Electronic Medical Record (EMR) / Rekam Medis Elektronik , atau Electronic Health Record (EHR) / Rekam Kesehatan Elektronik? Lho? Apa bedanya ya?

Perbedaannya memang sedikit namun, maknanya sangat berbeda.

Sebelumnya, baca juga mengenai :

Rekam Medis Kertas vs Rekam Medis Elektronik

Electronic Medical Records (EMRs)

menggunakan kata "Medical" dan "Elektronik" karena ia adalah bentuk digital dari laporan mengenai status pasien dari praktik dokter. EMR di buat, dikumpulkan, dikelola dan dikonsultasikan oleh petugas teruji klinik dan staff dari sebuah organisasi yang terlibat dalam pelayanan pasien.

Sebagai contoh, EMR memungkinkan petugas klinik untuk:

-Meningkatkan pelacakan data

-Mengidentifikasikan pasien mana yang pantas didahulukan untuk checkup dan screening.

-Mengelola parameter pasien (tekanan darah, status, vaksinasi)

-Memonitor dan meningkatkan kualitas total dari pelayanan kesehatan dalam klinik yang bersangkutan.

Informasi ini sangat berguna, namun informasi ini hanya dapat diakses di dalam klinik itu saja, dan informasi ini bahkan harus di print atau di emailkan untuk spesialis lain atau organisasi lainnya jika pasien memutuhkan informasi tersebut untuk menjalani pelayanan kesehatan. Pada dasarnya, EMR hanyalah laporan kertas yang digitalisasi dan diupload ke komputer.

Electronik Health Records (EHRs)

EHR pada dasarnya sama dengan EMR hanya saja lebih luas. EHR fokus ke pemahaman kesehatan lebih luas dari pasien-melampaui standar data klinis yang dikoleksi di klinik awal dan fokus ke tampilan lebih luas dari pelayanan kesehatan pasien.

Misalnya saja, Susi berobat ke dokter umum bila terkena penyakit umum, dokter spesialis kulit untuk penyakit kulit, dan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk permasalahan jantungnya. Dengan EHR semua dokter yang menangani kesehatan Susi bisa mengakses semua informasi rekam medis Susi dan bisa memiliki pandangan lebih luas mengenai kesehatannya, tidak terbatas oleh bidangnya saja, juga perawatan yang diterima oleh Susi. EHR dibangun untuk membagikan informasi dengan penyedia layanan kesehatan lainnya, seperti laboratorium dan dokter spesialis, jadi EHR mengandung informasi dari semua petugas klinik yang terlibat dalam pelayanan kesehatan pasien. Hal ini sangat penting untuk memastikan Susi menerima perawatan terbaik, dan dokter-dokternya bisa mengamati kesehatannya secara keseluruhan. Jika Susi berpindah kota, EHR akan tetap mengikutinya dan dokter barunya disana juga akan bisa mengakses rekam medisnya.

Dibandingkan dengan tipe rekam medis lainnya, seperti yang diutarakan HIMSS Analytics "EHR merepresentasikan kemampuan untuk dengan mudah membagi informasi medis diantara mereka yang terlibat dan memiliki informasi pasien yang dapat terus mengikuti mereka melalui perawatan yang telah dilaksanakan oleh orang tersebut." EHR didesain untuk bisa diakses bagi semua orang yang terlibat di dalam perawatan pasien-termasuk pasien itu sendiri.

Dengan EHR :

-Data dikumpulkan oleh penyedia kesehatan utama menyediakan departemen gawat darurat klini informasi mengenai alergi pasien , jadi perawatan bisa diatur secara intensif.

-Hasil tes laboratorium sudah tertera di laporan untuk spesialis apa yang wajib mereka ketahui tanpa harus menjalankan tes tambahan.

-Catatan klinik dari pasien rawat inap dapat dipindahkan dengan mudah dari satu instansi ke instansi lain dengan sangat lancar.

Kemampuan dari semua orang yang terlibat dalam perawatan pasien-termasuk pasien itu sendiri-untuk bisa memiliki akses ke informasi penting, memerlukan standar yang tinggi.

Sebagai tambahan, Rekam Medis kini telah tersedia di Assist.id.

Manajemen klinik Anda dapat dipermudah tanpa ribet dengan sistem informasi Assist.id . Dengan sistem informasi profesional, praktik bisa mendapatkan Rekam Medis Elektronik (EMR) dengan odontogram interaktif, pendaftaran paperless, booking jadwal konsultasi online, kasir full integrasi EMR & Apotek, laporan dan pengaturan lengkap.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi

Sumber