Assist.id Bantu Klinik Bridging SATUSEHAT IHS Kemenkes

Demi mendukung Transformasi Teknologi Kesehatan di Indonesia maka pada tanggal 26 Juli 2022 Kemenkes resmi meluncurkan platform Indonesia Health Service (IHS) yang diberi nama SATUSEHAT yang wajib diterapkan pada fasyankes dengan tujuan memudahkan proses pelayanan kesehatan sehingga nakes lebih fokus pada penyelamatan nyawa daripada administrasi.

Keberhasilan implementasi SATUSEHAT sangat dipengaruhi oleh penerapan Rekam Medis Elektronik, untuk itu setiap fasyankes di seluruh Indonesia wajib menerapkan RME sesuai PMK 24 Tahun 2022.

Baca juga : Platform HIS SATU SEHAT dan Rekam Medis Elektronik Menuju Satu Data Kesehatan

Regulasi Seputar Rekam Medis Elektronik

Souce : Kemenkes RI

Fase Integrasi

Proses integrasi data ke aplikasi akan dilakukan melalui beberapa tahapan dengan target melengkapi data yang termasuk ke dalam resum medis IHS.

  1. Data pendaftaran dan diagnosis
  2. Data prosedur medis, data kondisi vital, dan data diet
  3. Data obat terintegrasi dengan kamus obat (KFA)
  4. Data observasi labolatorium dan data observasi radiologi
  5. Data alergi dan data kondisi fisik
Baca juga : Benefit Integrasi Data Kesehatan Platform IHS SATUSEHAT

Standar SIM Klinik Bridging SATUSEHAT Menurut Kemenkes

SIM Klinik Assist.id sudah menjadi bagian dari Standar yang ditetapkan Permenkes 24/2022 tentang Rekam Medis.

  1. Wajib menerapkan RME (Rekam Medis Elektronik) yang terintegrasi dengan Kemkes SATUSEHAT. Berdasarkan poin ini, SIM Klinik Assist.id memiliki fitur Rekam Medis Elektronik yang artinya sudah sesuai Kemkes dapat terintegrasi SATUSEHAT.
  2. Standar data dan sistem mengacu pada yang ditetapkan Kemenkes (ICD-10, LOINC, HL7 FHIR, dan Variabel/Metadata). Berdasarkan poin ini, SIM Klinik Assist.id memiliki Rekam Medis dengan Standar ICD-10 yang artinya sesuai Kemkes dapat terintegrasi SATUSEHAT.
Baca juga : Cara Daftarkan Klinik Anda untuk Bridging SATUSEHAT Kemenkes Pakai SIM Klinik Assist.id

Assist.id Sistem Informasi Klinik Terintegrasi SATUSEHAT Kemenkes

Banyak pertanyaan yang masuk, apakah Assist.id sudah terintegrasi SATUSEHAT Kemenkes? 🤔

Tentu jawabannya Ya! ✅

Demi mendukung program Kementrian Kesehatan RI, Assist.id berupaya untuk meningkatkan kredibilitasnya sebagai SIM klinik yang taat aturan. Terbukti dengan resminya Assist.id menjadi Sistem Informasi yang terintegrasi SATUSEHAT Kemenkes.


Dengan Anda beralih ke digital semua permasalahan manajemen dan office di klinik bisa lebih cepat teratasi dan Anda pun bisa fokus pada pelayanan kesehatan untuk pasien. Salah satu platform digital yang bisa Anda pakai untuk klinik yaitu Sistem Klinik Assist.id, kenapa sih harus pilih Assist.id?

  1. Sistem Klinik Assist.id berbasis cloud professional
  2. Sistem Klinik Assist.id bridging BPJS dan terintegrasi SATU SEHAT Kemenkes
  3. Rekam Medis Elektronik standar diagnosa ICD 10 sesuai aturan Permenkes
  4. Kelola data obat digital dengan elektronik resep
  5. Sistem cocok digunakan berbagai jenis faskes, salah satunya Sistem Klinik Gigi

Masih banyak lagi keunggulan dari Sistem Klinik Assist.id yang bisa membantu kelola klinik Anda agar lebih berkembang dan menjadi klinik unggul.

Tertarik dengan Sistem Klinik Assist.id? Anda bisa konsultasi kebutuhan klinik secara Gratis! silahkan langsung chat melalui [Whats's App : 0821-1222-2500] dan laman kami di Assist.id


Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id