Halo Rekan Assist.id! Dalam Permenkes Nomor 269 tentang Rekam Medis disebutkan bahwa Rekam Medis wajib disimpan dalam jangka 5 tahun bagi Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit dan 2 tahun bagi non rumah sakit. Bagaimana caranya supaya aman?

Rekam Medis

Rekam medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen tentang identitas pasien, hasil pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan informasi lainnya terkait kesehatan pasien yang diterima pasien pada sarana kesehatan, baik yang  menjalani rawat jalan maupun rawat inap.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269 tahun 2008, terdapat dua jenis rekam medis, yaitu rekam medis konvensional dan rekam medis elektronik. Kemudian disebutkan juga pada Pasal 8 dan 9 bahwa Rekam Medis wajib disimpan dalam jangka waktu 5 tahun bagi Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit dan 2 tahun bagi non rumah sakit.

Lalu bagaimana supaya Aman dan minim resiko untuk menyimpan Rekam Medis Pasien bertahun-tahun?

Nah kali ini Assist.id akan memberikan Solusi bagaimana cara aman menyimpan Rekam Medis lebih dari 2 tahun bagi Fasilitas Kesehatan seperti Klinik, Dokter Praktek Mandiri dan pelayanan kesehatan lainnya yang menggunakan Rekam Medis untuk mencatat riwayat kesehatan pasien.

Tidak ada yang salah menyimpan Rekam Medis secara konvensional pada sebuah kertas di lemari penyimpanan atau gudang. Namun dengan kemajuan teknologi yang pesat, ternyata cara tersebut sudah mulai ditinggalkan karena mempunyai resiko kehilangan dan kerusakan berkas.

Jangan sampai pentingnya sebuah Rekam Medis bisa menjadi masalah apabila hilang atau rusak karena hal-hal yang sebetulnya bisa diantisipasi dan dihindari seperti hilang dan rusak karena:

  • Kebakaran
  • Banjir
  • Pencurian
  • dan Bencana alam lainnya

Walaupun hal diatas tidak terjadi, Rekam Medis konvensional bisa usang karena termakan waktu. Disamping itu juga kecepatan untuk mengakses Rekam Medis menjadi lambat karena membutuhkan waktu mencari berkasi di gudang penyimpanan. Belum lagi bagaimana jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam keadaan darurat namun tempat penyimpanan tutup atau terkunci.

Dengan pertimbangan hal tersebut, kini sebagian besar Fasilitas Kesehatan di Indonesia maupun di dunia telah menerapkan teknologi informasi untuk menyimpan Rekam Medis dengan media elektronik atau Rekam Medis Elektronik. Dengan cara ini, penggunaan Rekam Medis menjadi jauh lebih Aman dan efektif karena data disimpan dalam bentuk digital.

  • Rekam Medis lebih cepat dan mudah diakses dimana saja kapan saja
  • Rekam Medis tersimpan secara digital tidak akan usang hingga bertahun-tahun
  • Rekam Medis aman dari bahaya bencana alam
  • Rekam Medis lengkap dan mudah dibaca

Solusi Rekam Medis Elektronik yang komperhensif dengan Sistem Assist.id

Sistem Assist.id memiliki Fitur Rekam Medis yang komperhensif karena Data tersimpan Aman, mudah dan cepat diakses, lengkap dan juga terintegrasi.

Berikut ini keunggulan menggunakan Rekam Medis Elektronik di Sistem Assist.id, diantaranya :

  • Anda dapat dengan mudah dan cepat mengakses hanya dengan melakukan pencarian Nama Pasien bahkan dalam hitungan detik
  • Data lengkap seperti waktu konsultasi, tindakan yang diterima, obat yang diberikan dan catatan lainnya seperti Odontogram Interaktif, Catatan Tubuh, Kehamilan, Imunisasi dan lain-lain
  • Mudah dibaca oleh siapa saja
  • Rekam Medis dapat dikirimkan melalui email
  • Terintegrasi ke berbagai bagian di Sistem Klinik Assit.id seperti Rawat Jalan dan Apotek
  • Apabila ada Perubahan akan tercatat secara detail

Dan yang paling penting adalah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269 tahun 2008 bahwa Rekam Medis wajib disimpan dalam jangka waktu 2 tahun hingga 5 tahun. Dengan menggunakan Sistem Assist.id Anda tidak perlu khawatir dengan kehilangan atau kerusakan menyimpan Rekam Medis bertahun-tahun karena Rekam Medis sudah tersimpan secara digitaisasi pada Cloud Assist.id.

Sekian penjelasan mengenai Solusi Menyimpan Rekam Medis Lebih dari 2 Tahun. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan bagi Fasilitas Kesehatan dalam menyimpan Rekam Medis.


Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba! (▔▽▔)/

Live Chat sistem klinik Assist.id