Halo Rekan Klinik! Pada era 4.0 ini pelayanan klinik menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Tidak hanya pelayanan yang berhubungan langsung dengan pasien, kualitas pelayanan dibelakang layar juga sangat penting untuk ditingkatkan. Bayangkan jika sebuah klinik memiliki staff yang ramah, cekatan juga cepat tanggap dalam pelayanan pasien, namun klinik mengalami kesulitan dalam menemukan data pasien, tidak rapi dalam menyimpan obat, serta amburadul dalam menyimpan data laporan operasional klinik, waduuh klinik bisa mengalami kerugian besar nih.

Tapi tenang, Assist.id memiliki beberapa tips dan trik yang bisa langsung Anda terapkan pada klinik gigi. Berikut pembahasannya :

1.Komunikasi yang Baik Mempermudah Segalanya

Salah satu yang menjadi momok terbesar klinik adalah bagaimana cara menghubungkan satu bagian operasional dengan operasional lainnya. Contoh, ruangan resepsionis dan ruang pemeriksaan pada sebuah klinik diberi jendela kecil untuk penghubung antara kedua belah pihak bukan? Hal ini sengaja dilakukan agar bagian resepsionis bisa berkomunikasi langsung dengan dokter perihal kedatangan pasien serta bersiap-siap untuk melaksanakan konsultasi. Hal itu hanya salah satu contoh antara bagian resepsionis dengan ruang pemeriksaan, bagaimana dengan bagian lainnya. Tidak semua bagian memiliki susunan ruangan yang bersebelahan sesuai susunan operasional klinik atau terjadi keadaan genting yang membuat sebuah informasi harus disampaikan segera.

Lalu bagaimana klinik bisa mengatasi hal tersebut?

Jawabannya mudah, Klinik dapat menggunakan sistem yang mampu dalam menampilkan semua data operasional seperti, antrian pasien, jumlah stok obat yang tersedia, database pasien secara real time dan dapat diakses dengan mudah oleh staff sesuai dengan hak aksesnya masing-masing.

2.Data Tersimpan Secara Real Time, Tidak Ada Proses yang Tertinggal dan Tidak Repot Lagi dalam Membuat Laporan

Momok lainnya yang sering dialami klinik adalah sulitnya dalam mencatat segala aktifitas klinik. Jika klinik dalam keadaan sepi tentu tidak ada kendala dalam mencatataktifitas seperti waktu, kegiatan dan penanggung jawab suatu tugas. Namun apabila klinik sedang ramai pengunjung tentu proses pencatatan jadi terambah karena selain melakukan pencatatan juga harus melayani pasien.

Apakah perlu menambah personel yang berperan khusus dalam menyimpan pergerakan setiap staff? Hmm, tidak secara fisik, namun sebuah sistem dapat menjadi solusinya!

Jika setiap staff memiliki sebuah akun dan menyimpan pergerakan mereka dalam menyelesaikan suatu tugas, maka sistem akan dapat mendeteksi setiap pergerakan yang terjadi dalam klinik. Tidak hanya setelah tugas itu selesai, semua proses disimpan dan ditampilkan secara real time, sehingga personel bagian klinik berikutnya bisa langsung bersiap-siap dalam proses pelayanan pasien dengan data yang diserahkan personal bagian sebelumnya tanpa perlu berpindah ruangan.

Dan yang paling penting, bagian manajemen bisa mengkoleksi semua data yang diperlukan dan betul-betul krusial sebagai peningkatan kualitas klinik secara berkala tanpa kerepotan dengan jumlah data yang banyak karena semua data tersimpan dengan rapi pada sistem.

3. Semua Laporan Klinik Tersimpan Rapi Secara Otomatis, Anugerah Terbesar Tim Manajemen

Meskipun telah ada sistem manual dimana setiap bagian klinik mencatat semua kegiatan yang mereka lakukan, namun tetap saja pasti ada resiko bagian yang tertinggal. Perlu diingat, selain siklus pemutaran barang-barang klinik, personel yang terlibat di dalamnya tentu juga harus disertakan dalam laporan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan perekaman jejak, misalnya perekaman jejak suatu jenis obat dari saat pertama kali tiba di klinik, kapan diambil dari gudang, berapa jumlah yang dibagikan ke depot-depot, siapa yang memindahkan dari satu depot ke depot lain, berapa jumlah yang digunakan sebagai obat racikan, berapa yang ditempatkan di ruang depot atau apotek, hingga pada akhirnya sampai ke tangan pasien.

Semua proses ini bisa disimpan secara manual dengan mengandalkan staff melakukan pencatatan setiap kali memindahkan obat dari suatu tempat, namun cara seperti itu sangat lambat dilakukan, terlebih apabila dalam keadaan genting dimana membutuhkan penanganan cepat, apakah masih sempat untuk melalukan pencatatan data?

Tapi lain hal jika menggunakan sistem klinik Denta,

  • Staff dapat dengan mudah melihat berapa jumlah stok obat yang masih tersisa
  • Pergerakan dan transaksi obat secara otomatis tercatat hingga siapa penanggung jawabnya
  • Laporan dapat dibuat dengan mudah dalam sekali klik

Sistem ini tidak hanya berlaku untuk data obat. Tapi untuk semua bagian seperti pendaftaran, pencatatan rekam medis, pembayaran dan lain-lain.

Selain itu juga Data tersimpan aman dan akurat karena setiap kegiatan memerlukan hak akses staffnya masing-masing sesuai dengan bagian mereka.

Semua solusi tersebut terdapat dalam Sistem Informasi Premium Denta dari Assist.id. Dengan satu aplikasi, masalah-masalah yang terjadi pada proses pendaftaran, konsultasi, peracikan obat hingga pembuatan laporan terselesaikan dengan mudah sehingga mengurangi beban kerja tim agar dapat lebih fokus dalam pada peningkatan pelayanan pelanggan dan pengembangan klinik.

Dengan fitur terintegrasi, tampilan simpel dan dapat diakses dimana saja kapan saja, Denta memberikan kemudahan, kecepatan dan fleksibilitas dalam penggunaan aplikasi sehingga kegiatan manajemen praktek menjadi lebih sederhana, bisa Kelola Klinik Tanpa Bikin Pusing deh (。•̀ᴗ-)✧

Tertarik dengan Sistem Informasi Klinik Gigi Premium Denta ?
Silahkan langsung chat dengan kami [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id