Sistem antrian pada klinik memang sudah terkenal lama, bahkan waktu tunggunya lebih lama dibanding waktu yang dihabisakan pada pelayanannya itu sendiri. Pasien harus selalu sabar dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Meskipun hal ini sudah diterima oleh masyarakat, tentu masyarakat itu sendiri menginginkan solusi atas hal ini.

Banyak penyebab lamanya waktu antrian klinik. Misalnya saja jumlah tenaga medis yang tidak seimbang dengan jumlah pasien yang dilayani, dan yang paling berpengaruh adalah staff masih kesulitan untuk menemukan rekam medis pasien yang sudah pernah berkunjung sebelumnya. Banyaknya dokumen yang harus ditelusuri untuk menemukan rekam medis pasien yang bersangkutan inilah salah satu hal yang membuat lamanya waktu antrian klinik.

Anggaplah data rekam medis sudah ditemukan, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan pasien pada slot pendaftaran. Bagaimana cara menemukan slot kosong sementara data pendaftaran disimpan secara manual pada sebuah buku. Staff wajib mengecek kembali kelengkapan informasi pasien (seperti nomor BPJS/nomor MR/nomor telp, dsb) dan mengkonfirmasi lagi jadwal praktek dokter. Jika dokter sedang tidak berada di tempat, namun beritanya belum sampai pada bagian pendafataran sementara pasien yang telah booking telah pulang, ataupun masih menunggu, tentu konfirmasi ulang jadwal konsultasi pada pasien menjadi hal yang tidak mengenakkan bagi pasien, mereka pasti akan merasa kecewa.

Mari kita tinggalkan sejenak mengenai permasalahan yang bisa muncul pada antrian klinik dan buka mata pada solusi yang disediakan Sistem Informasi Denta :

Cepat Temukan Data Pasien

Gambar diambil dari Blog (Pencarian Data Pasien dengan Cepat)

Staff dapat menemukan pasien hanya dengan mengetikkan nama pasien/nomor MR/nomor BPJS. Setelah nama pasien muncul staff tinggal klik kepada pasien yang dituju. Hal ini bisa sangat mempersingkat waktu pencarian data, dan akan mengurangi resiko data pasien double karena data pasien seperti tanggal lahir, nomor MR, dan alamat juga ditampilkan sebagai pembanding bagi pasien yang memiliki nama yang serupa.

Mudah Atur Jadwal Antrian Pasien

Gambar diambil dari blog (Cara Menambahkan Data Pasien Baru)

Staff dapat langsung melihat slot jadwal konsultasi mana saja yang telah tersisi pada klinik. Hal ini bisa menghindari jadwal konsultasi yang betubrukan untuk dokter yang sama. Tidak hanya itu, staff klinik juga bisa melihat semua status pasien sekaligus.

Reschedule Mudah

Gambar diambil dari blog (Cara Atur Ulang Jadwal Konsultasi Pasien (Easy Reschedule))

Jadwal klinik dan jam praktek dokter tersimpan secara digital memudahkan staff untuk melakukan reschedule. Tidak perlu lagi bolak balek konfirmasi jadwal dokter ataupun cek satu per satu jadwal pasien yang telah booking jadwal konsultasi.

Menambahkan Pasien Baru Tinggal Klik

Form Tambah Pasien Baru pada Denta

Tidak perlu lagi repot mengumpulkan data pasien baru pada buku/kartu data diri pasien ataupun salin ulang data dari buku registrasi karena sekarang, dengan sistem klinik Denta, staff tinggal klik lalu isi data. Data yang diisi juga lengkap misalnya :

  • Nama Lengkap
  • Nomor Medical Record (MR/EMR)
  • Kota tempat lahir
  • Tanggal Lahir
  • Nomor KTP
  • Nomor BPJS
  • Nomor Kartu Perusahaan
  • Jenis kelamin
  • Agama
  • Status
  • Golongan Darah
  • dst

Sistemnya terintegrasi sehingga data tersebut juga bisa dilihat oleh tenaga medis sebagai Rekam Medis. Sistem juga dapat diintegrasikan dengan BPJS, jadi tidak perlu kerja dua salin data kali deh!

Gunakan Barcode Scanner

Dampak baiknya pada antrian klinik juga bisa menggunakan barcode. Staff yang biasanya mengetikkan pasien, juga bisa scan barcode pada kartu, dan data pasien tersebut lansung keluar pada sistem. Staff dapat dengan mudah melakukan langkah pendaftaran selanjutnya.

Masih banyak fitur lainnya yang akan memotong waktu antrian klinik yang disediakan Denta. Temukan fitur lainnya pada laman berikut :

Modul Registrasi dan Rawat Jalan di Sistem Klinik Assist.id

dan yang paling penting...

Isi Data Odontogram Tidak Ribet Tinggal Klik

Gambar diambil dari blog Odontogram Interaktif

Odontogram Interaktif yang tersedia pada Denta, sangat memudahkan tenaga medis dalam melengkapi data gigi pasien. Karena data dapat diisi dengan klik pada bagian gigi ataupun mengisi keterangan yang dimaksud pada gigi yang dituju. Data odontogram juga langsung digabung dalam Rekam Medis Elektronik (EMR) pasien bersama data rekam medis pasien lainnya. Data tersimpan secara lengkap dan menyeluruh tanpa khawatir ada data yang tertinggal karena, misalnya, perbedaan ukuran kertas rekam medis dan berkas yang mengebabkan penyimpanan dipisah (kertas rekam medis yang biasanya berukuran A5, dan hasil rontgen gigi sebagai contoh. Dalam penyimpanannya dipisah agar mencegah berkas-berkas tidak terlipat bukan?)


Perlu diketahui tidak hanya ini fitur yang Denta miliki.

Hanya dengan satu aplikasi, masalah-masalah yang terjadi pada proses pendaftaran, konsultasi, peracikan obat hingga pembuatan laporan terselesaikan sehingga mengurangi beban kerja tim, agar dapat lebih fokus dalam pada peningkatan pelayanan pelanggan dan pengembangan klinik.

Dengan fitur terintegrasi, tampilan simpel dan dapat diakses dimana saja kapan saja, Denta memberikan kemudahan, kecepatan dan fleksibilitas dalam penggunaan aplikasi sehingga kegiatan manajemen praktek menjadi lebih sederhana, bisa Kelola Klinik Tanpa Bikin Pusing deh (。•̀ᴗ-)✧

Tertarik dengan Sistem Informasi Klinik Gigi Premium Denta ?
Silahkan langsung chat dengan kami [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id