Ilmu Psikologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai prilaku manusia yang berhubungan dengan lingkungannya. Mengingat lingkungan yang berubah-ubah manusia lebih gampang stress. Peran seorang psikolog adalah sebagai seseorang yang berperan untuk membicarakan tentang kebutuhan pribadi atau stress emosional tertentu. Pertemuan ini diawali dengan mendengarkan keluhan klien dan gambaran informasi tentang siapa klien tersebut. Nah ada beberapa tips untuk menghapi berbagai jenis pasien psikolog.

Mempertajam kemampuan komunikasi

Faktor penting seorang psikolog adalah mampu berkomunikasi dengan baik dengan pasiennya. Tidak semua pasien senang diberi nasehat, sebagian lainnya tidak senang dengan apapun yang mereka lihat, membuat mereka menjadi pribadi yang mudah marah. Anda harus mampu membawakan diri Anda agar cocok dengan pasien Anda.

Dapat menjaga rahasia

Pasien menemui Anda karena tidak ada lagi yang bisa membantu mereka dalam mencari jalan keluar atas permasalahan mereka. Oleh karena itu Psikolog harus bisa menjaga rahasia pasien mereka. Mereka juga diikat dengan kode etik seorang psikolog, jadi pekerjaan ini tidak cocok bagi mereka yang tidak bisa menjaga rahasia.

Memiliki kesabaran

Berbagai macam pasien membuat psikolog harus bisa sabar dalam menghadapi mereka. Terlebih apabila Anda mendapatkan masalah yang tidak lazim. Mereka membutuhkan bantuan dan hanya Anda yang bisa membantu mereka. Jadi, bersabarlah.

Suka mendengar

Psikolog harus senang mendengar segala keluhan pasiennya. Dengar mendengar, mereka bisa melepaskan beban yang mereka tanggung. Anda bisa membantu mereka meringankan beban mereka.

Pandanglah mereka sebagai manusia

Sebagian pasien akan mudah merasa tersinggung, dan menganggap diri mereka hanya sebagai objek untuk disembuhkan oleh para psikolog. Hal ini hanya akan membebani mereka dan kepercayaan akan terpecah. Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa Anda memandang mereka sebagai manusia, bukan hanya objek.

Memiliki moral dan integritas

Kejujuran dan kepercayaan sangat diutamakan dalam hal ini. Jika Anda tidak sanggup untuk membantu pasien maka katakan bahwa Anda tidak sanggup. Jangan sampai Anda menyanggupinya namun Anda harus berhenti di jalan.

Memiliki empati yang tinggi

Seorang psikologis harus memiliki empati yang tinggi. Salah satu caranya adalah dengan menempatkan dirinya ke dalam suasana yang tenang dengan tetap tidak meremehkan pasien yang dihadapi. Mereka akan lebih dapat membantu pasien dengan menempatkan diri mereka di posisi pasien dan mencari solusinya.

Fokus pada konseling

Jika Anda tidak fokus dalam mendengarkan keluhan pasien Anda hanya akan mempersulit diri Anda dan mereka. Perlu konsentrasi yang tinggi untuk memecahkan permasalahan yang mereka hadapi.

Memperhatikan pasien

Psikolog harus mampu membaca keadaan pasien. Gerak gerik dan respon sekecil apapun bisa dijadikan informasi untuk mencari solusi permasalahan yang dihadapi pasien.

Menyela pembicaraan pasien bukanlah hal yang baik. Biarkan mereka mengeluarkan semua informasi dan keluhan mereka terlebih dahulu baru Anda bisa menyampaikan pendapat Anda mengenai solusi untuk permasalahan sang pasien.

Kendalikan omonganmu

Semua yang Anda katakan akan memberi pengaruh besar pada pasien, oleh karena itu pikirkan omongan Anda secara baik-baik dan putuskan bagaimana solusi yang paling tepat.

Pandai dalam kendalikan emosi

Sebagian permasalahan mungkin terkesan emosional dan memancing emosi Anda namun Anda juga harus mengendalikan diri dan omongan Anda. Mereka membutuhkan Anda untuk mencari solusi atas permasalahan mereka. Jika Anda juga ikut lepas kendali, pasien Anda akan kehilangan harapannya untuk penyelesainan masalahnya.

Nah itulah tips menjadi psikolog yang baik yang berhasil kami rangkum untuk Anda. Anda masih kesusahan untuk merangkum semua data pasien Anda secara manual dengan buku dan kertas berkas ?? Ada cara yang lebih efektif, yaitu dengan menggunakan sistem informasi Assist. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Yang jelas Anda tidak perlu mempersiapkan semua kertas dan lemari untuk menyimpan berkas yang jumlahnya semakin lama semakin bertambah. Sistem penyimpanan data oleh Assist bersifat online, jadi Anda bisa mengaksesnya dimana dan kapan saja, langsung dari gadget Anda (laptop / android). Temukan Assist.id dan fitur menarik lainnya disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id