Rekam Medis

Menurut Permenkes No 269 Tahun 2008 : Rekam Medis adalah dokumen yang berisikan data identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan pelayanan lain yang telah diberikan oleh pasien.

Baca Juga : Assist.id Menjadi Sistem Klinik SATU SEHAT Kementrian Kesehatan

Rekam Medis wajib tersedia pada semua jenis fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik, laboratorium dan masih banyak lagi. Masa penyimpanan rekam medis sekurang-kurangnya untuk jangka waktu 5 tahun.

Rekam medis harus dibuat secara tertulis atau elektronik secara lengkap dan jelas. Namun seiring berkembang pesatnya teknologi, maka Kementrian Kesehatan Indonesia membuat peraturan baru untuk rekam medis harus dibuat secara elektronik.

Rekam Medis Elektronik

Peraturan Kementrian Kesehatan (PMK) No 24 Tahun 2022 menerbitkan aturan baru terkait kewajiban fasilitas pelayanan kesehatan untuk menerapkan Rekam Medis Elektronik.

Semakin berkembangnya teknologi dan digital mengakibatkan transformasi digitalisasi pelayanan kesehatan sehingga rekam medis perlu diselenggarakan secara elektronik.

Penyimpanan Rekam Medis Elektronik dianjurkan dalam Pasal 20 Ayat 3, yaitu dengan media server, sistem cloud dan media penyimpanan digital lainnya.

Assist.id menjadi SIM Klinik yang disarankan oleh Permenkes karena sistem sudah berbasis Cloud, selain itu SIM Klinik Assist.id dilengkapi dengan Rekam Medis Elektronik yang saat ini sedang di butuhkan oleh faskes.

Baca Juga : Integrasi SATU SEHAT Kemenkes dengan SIM Klinik Assist.id

Rekam Medis Elektronik Sistem Assist.id

Fitur Rekam Medis Elektronik SIM Klinik Assist.id menjadi favorit dan banyak di rekomendasikan serta sistemnya sudah sesuai dengan Permenkes no 24 tahun 2022. Fitur EMR Sistem Assist.id mudah sekali digunakan bahkan untuk user yang masih pasif dalam teknologi.

Baca Juga : Tutorial Penggunaan Modul Electronic Medical Record Assist.id

Salah-satu fitur yang membedakan SIM Klinik Assist.id dengan SIM Klinik lainnya adalah Fitur Quick Input EMR.

Fitur Quick Input EMR

Fitur Quick Input EMR adalah fitur pengisian rekam medis pasien yang status datanya sudah tersimpan di inventory terdahulu dan ingin inputkan ke Sistem Assist.id

1. Mudah Import Data Pasien

Jika Anda sudah memiliki banyak data EMR pasien yang tersimpan di sistem lama dan ingin inputkan ke sistem Assist.id maka gunakanlah fitur Quick Input EMR agar proses import data menjadi lebih cepat dan praktis.

Form Quick Input EMR Sistem Assist.id

2. Catat Appointment Terakhir

Fitur Quick EMR bisa juga mencatat riwayat appointment terakhir yang tersimpan di klinik. Anda cukup inputkan nama pasien, jadwal terakhir konsultasi dan nama dokter yang menangani.

Form Input Appointment di Fitur Quick EMR

Menariknya Anda juga bisa sekaligus isi Rekam Medis pasien mulai dari vital sign, odontogram, resep obat, dan kebutuhan EMR lainnya.

Dengan Anda beralih ke digital semua permasalahan manajemen dan office di klinik bisa lebih cepat teratasi dan Anda pun bisa fokus pada pelayanan kesehatan untuk pasien. Salah satu platform digital yang bisa Anda pakai untuk klinik yaitu Sistem Klinik Assist.id, kenapa sih harus pilih Assist.id?

  1. Sistem Klinik Assist.id berbasis cloud professional
  2. Sistem Klinik Assist.id bridging BPJS dan terintegrasi SATU SEHAT Kemenkes
  3. Rekam Medis Elektronik standar diagnosa ICD 10 sesuai aturan Permenkes
  4. Kelola data obat digital dengan elektronik resep
  5. Sistem cocok digunakan berbagai jenis faskes, salah satunya Sistem Klinik Gigi

Masih banyak lagi keunggulan dari Sistem Klinik Assist.id yang bisa membantu kelola klinik Anda agar lebih berkembang dan menjadi klinik unggul.

Tertarik dengan Sistem Klinik Assist.id? Anda bisa konsultasi kebutuhan klinik secara Gratis! silahkan langsung chat melalui [Whats's App : 0821-1222-2500] dan laman kami di Assist.id


Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#BanggaPakaiEMR #PMK24TAHUN2022 #Permenkes24 #SIMKlinik #SIMKlinikGratis #SistemKlinikBridgingBPJS #SistemKlinikGigi #SIMKlinikGigi #RekamMedisElektronik #ElectronikMedicalRecord #RekamMedisDigital #IntegrasiSATUSEHAT #SIMKlinikKemenkes #ManajemenKlinik #AkreditasiKlinik #BridgingBPJS #KlinikMCU #AntrianOnlineBPJS #KlinikPratama #IndonesiaHealthService #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #SIMKlinikSATUSEHAT