Halo Rekan Assist.id! Dalam sistem Klinik Assist.id terdapat 2 Modul yang bisa menangani bagian Pendaftaran yaitu Modul Rawat Jalan dan Modul Registration.


Modul ini Anda bisa melakukan pendaftaran pasien BPJS, Umum, Online Booking, Reschedule Jadwal Konsultasi, pemanggilan antrian otomatis melalui speaker dan antrian yang ditampilkan di TV, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan modul ini, pendaftaran pasien bisa dilakukan dengan sistematis, terintegrasi dan lebih meningkatkan kecepatan pelayanan  Klinik Anda.

Clinica dan Clinica Pro

Assist.id merupakan solusi manajemen dan operasional fasilitas kesehatan Indonesia. Produk untuk solusi manajemen klinik dari Assist.id adalah Clinica dan Clinica Pro, perbedaannya terlihat pada cakupan fitur yang dapat diaksesnya. Pada dasarnya kedua produk memberikan solusi lengkap end-to-end dari awal pendaftaran, rekam medis elektronik (EMR), apotek, kasir hingga laporan dapat dilakukan pada satu sistem saja yaitu Assist.id. Seluruh sistem Assist.id didesain khusus untuk mudah digunakan dan dapat membantu proses pelayanan yang ada di klinik. Pada kali ini kita akan membahas modul rawat jalan dan modul registrasi yang ada di Clinica dan Clinica Pro.

Pelayanan Jadi Lebih Cepat dan Efisien

Teknologi semakin canggih, operasional perlu lebih efisien untuk tetap sustain dan bersaing. Menggunakan sistem dalam operasional dapat memberikan beberapa manfaat pada tim admisi klinik, pasien dan manajemen klinik. Diantaranya adalah :

  • Cukup Satu Aplikasi di Klinik
  • Seluruh fitur saling terintegrasi, terhubung satu dengan lainnya. Kemudahan perpindahan data yang cepat karena berada pada satu aplikasi yang terintegrasi ke rekam medis (bagian dokter), kasir, hingga laporan klinik.
  • Meberikan percepatan pelayanan di klinik yang menjadi salah satu kunci kenyamanan pasien dalam berobat.
  • Bila klinik bekerjasama dengan BPJS maka salah satu keunggulan menggunakan Assist.id adalah admisi tidak perlu lagi banyak input ke banyak sistem dan management tidak perlu kesulitan lama dalam membuat laporan BPJS. Sistem Assist.id bisa bridging dengan aplikasi BPJS, bagian admisi klinik cukup input di sistem Assist.id dengan mudah dan cepat. Bagian manajemen juga dapat langsung mendownload laporan BPJS mudah di modul laporan.

Table of Contents

Seputar Modul Rawat Jalan dan Registrasi

Feature Lists

Cara Menggunakan Modul Rawat Jalan

Cara Menggunakan Modul Registration

Pertanyaan yang sering ditanyakan


Seputar Modul Rawat Jalan dan Registrasi

Apa itu Modul Rawat Jalan?

Modul Rawat Jalan adalah modul yang menangani pendaftaran pasien rawat jalan, dimana pendaftaran dilakukan berdasarkan nama dokter serta jam praktiknya. Di modul ini tampilan antrian pasien berupa Timeline View yang mempermudah Anda untuk mencari jadwal kosong untuk mendaftarkan pasien secara langsung. Sehingga jika Anda ingin melakukan pendaftaran pasien dengan cepat, tanpa mengisi nama dokter dan jam slot waktu dengan mudah maka Modul Rawat Jalan adalah pilihan terbaik Anda.

Tampilan Modul Rawat Jalan

Apa itu Modul Registration?

Sementara pada Modul Registrasi, modul yang menangani pendaftaran pasien yang dilakukan per poli. Tampilan antrian di modul ini berupa Table View yang mempermudah Anda untuk melihat daftar antrian dengan susunan daftar pasien memanjang ke bawah. Anda dapat menggunakan modul ini jika di klinik memiliki banyak poli sekaligus.

Tampilan Modul Registrasi

Apa perbedaan Modul Rawat Jalan dan Modul Registration?

Untuk fungsi utama dari Modul Rawat Jalan dan Modul Registration pada umumnya sama, namun di beberapa jenis klinik sebagian lebih membantu mempercepat penginputannya seperti :

  • Modul Rawat Jalan menampilkan tampilan timeline view dan Modul Registration menampilkan table view.
  • Untuk pendaftaran lebih cepat tanpa input nama dokter dan slot waktu, bisa dilakukan di Modul Rawat Jalan tinggal klik slot waktu kosong yang tersedia di klinik.
  • Untuk mendaftarkan pasien dari banyak poli di klinik lebih mudah menggunakan Modul Registration.

Siapa yang menggunakan Modul Rawat Jalan dan Modul Registration?

Modul Rawat Jalan dan Modul Registration digunakan pada bagian Pendaftaran Pasien klinik.  Bagian Admisi atau Registrasi Pasien bertanggung jawab dalam menggunakan fitur ini. Pastikan Anda memiliki hak akses modul rawat jalan dan registrasi untuk menggunakan modul ini. Jika staff klinik tidak memilki hak akses Admin maka ia tidak bisa menggunakan modul ini. Hubungi Manajemen Fasilitas Kesehatan Anda untuk hak akses tersebut.

Minimum Requirement Menggunakan Assist.id

Sebelum menggunakan modul Registration / Rawat Jalan ada beberapa hal yang perlu dipastikan, seperti :

  • Pastikan Anda memiliki akun resmi yang diberikan oleh pihak manajemen fasilitas kesehatan Anda.
  • Pastikan akun Anda memiliki hak akses ke sistem Assist.id sebagai Admin
  • Pastikan Internet dengan kecepatan 20 mbps per hardware dan tidak tercampur dengan jaringan lain seperti membuka youtube atau wifi pasien.
  • Direkomendasikan untuk menggunakan browser Google Chrome.

Baca selengkapnya : Minimum Requirements

Apa itu Color Coding?

Modul Pendaftaran Assist.id dilengkapi dengan sistem Color Coding yang akan memudahkan dalam melihat status pasien. Color Coding itu sendiri adalah sebuah sistem pengkodean berdasarkan warna.

Color Coding membantu membaca status pasien di Klinik

Pada modul Rawat Jalan dan Modul Registration ini, ada 5 warna untuk melihat status pasien,  yaitu:

  • Merah = Pending : artinya pasien yang mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi pasien
  • Oranye = Confirmed : artinya pasien sudah dikonfirmasi oleh pihak admisi
  • Ungu = Waiting : artinya pasien sedang menunggu untuk konsultasi / tindakan
  • Biru = Engaged : artinya pasien sedang konsultasi / tindakan
  • Hijau = Succeed : artinya pasien sudah selesai konsultasi / tindakan

Baca selengkapnya : Color Coding di Sistem Assist.id

Apa itu Blok Calendar?

Pada sistem Assist Anda bisa melakukan Blok Kalender dokter yang tidak praktik atau berhalangan hadir. Blok kalender dokter yang sedang tidak praktik ditujukan untuk menghindari terjadinya miskomunikasi saat ada pasien melakukan pendaftaran pasien secara online ataupun admin pada proses pendaftaran pasien berlangsung.

Baca selengkapnya : Yang perlu dilakukan ketika dokter tidak praktik

Alur Standar Pendaftaran Pasien

Alur standar sederhana untuk menambahkan pasien lama pada modul registrasi adalah sebagai berikut. Pastikan Anda berada di Modul Rawat Jalan, lalu klik pada slot kosong atau tombol pendaftaran baru untuk mendaftarkan pasien. Mencari nama pasien lama yang pernah berobat lalu melengkapi pengisian detail konsultasi rawat jalannya dan klik simpan.

Contoh pendaftaran rawat jalan pasien lama klinik

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Bagaimana Jika di Klinik Kami Menggunakan Alur yang Berbeda dari sistem Assist.id?

Kami memahami bahwa alur setiap fasilitas kesehatan berbeda-beda, dan hal ini berpengaruh kepada langkah-langkah penggunaan sistem. Bila alur di klinik berbeda dengan sistem Assist.id silahkan hubungi kami melalui live chat di sebelah kanan bawah sistem untuk diskusi lebih lanjut :)

Baca Selengkapnya : Jika Alur Klinik berbeda dari sistem Assist.id

Bagaimana Cara Memilih Dokter Lain Ketika Dokter Berhalangan Hadir?

Bila sebelumnya pasien telah melakukan pendaftaran rawat jalan dengan dokter lain, Anda perlu membatalkan pendaftaran pasien tersebut terlebih dahulu lalu membuat rawat jalan yang baru.

Baca Selengkapnya : Cara memilih dokter lain ketika dokter berhalangan hadir

Apakah Modul Kasir dapat diakses juga oleh bagian Admin Klinik?

Di sistem Assist.id, setiap staff klinik akan memiliki akun masing - masing yang dapat dipertanggung jawabkan. Setiap akun staff klinik memiliki hak akses yang berbeda - beda. Bila diklinik membutuhkan sebuah akun dapat mengakses modul kasir sekaligus modul pendaftaran, Anda dapat diskusikan dengan manajemen klinik untuk mengupdate dan menyetujui hak akses akun tersebut.

Baca Selengkapnya : Apakah staff klinik dapat mengakses seluruh modul klinik?

Saya tidak bisa mengakses akun Assist.id Saya

Bila tidak bisa mengakses akun Anda, pertama-tama coba cek koneksi internet yang ada di klinik. Pastikan koneksi internet Anda stabil, lalu coba masukkan data akun Anda pada halaman log in sistem Assist.id dengan mengisi email/username dan passwordnya. Pastikan Anda mengisi dengan data akun email dan password yang benar. Bila Anda masih mengalami kendala, silahkan gunakan fitur forgot password untuk mengenerate password baru akun Anda atau hubungi live chat Assist.id dibagian kanan bawah website :)

Baca Selengkapnya : Saya tidak bisa mengakses akun Assist.id saya

Bagaimana Bila Ada Fitur Lain Yang Dibutuhkan, Namun Belum Tersedia di Sistem Assist.id?

Jika Anda memiliki fitur yang diinginkan namun belum tersedia di Assist.id, Anda bisa mendiskusikan semua kebutuhan klinik Anda dengan Manajemen Klinik. Lalu pihak Manajemen Klinik bisa menghubungi pihak Assist untuk mendiskusikan kebutuhan fitur fasilitas kesehatan Anda.

Baca Selengkapnya : Bila fitur yang dibutuhkan belum tersedia di Assist.id


Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id