Ahli Forensik adalah mereka yang menguasai ilmu kedokteran forensik. Ilmu ini sebenarnya adalah cabang spesialis ilmu kedokteran yang memanfaatkan ilmu medis untuk menegakkan hukum dan memecahkan masalah kriminal.

Selain berhubungan dengan kedokteran ada juga ahli forensik IT, yaitu mereka yang menguasai ilmu teknologi informatika untuk mencari jejak kejahatan berupa cybercrime. Dokter Forensik pada cerita-cerita detektif, masih banyak memiliki miskonsepsi. Banyak orang yang takut dihantui oleh arwah yang akan mereka autopsi atau sebagainya.

Sebagian besar objek pemeriksaan dokter forensik adalah mayat. Meskipun berikut dokter forensik adalah salah satu figur penting penegak hukum, jadi profesi ini jangan jadi profesi yang ditakuti. Inilah beberapa fakta mengenai dokter forensik.

Ahli Forensik juga disebut sebagai "The silent expert who can talk with the silent witness"

Disaat polisi melakukan investigasi dengan cara mencari saksi, ahli forensik justru mencari info melalui saksi bisu yang bisa berupa barang bukti, ataupun  mayat korban. Disanalah ahli forensik bisa mendapatkan data dan membuka tabir kejahatan yang terjadi.

Ahli forensik percaya bahwa semua kejadian pasti meninggalkan barang bukti

Barang bukti sekecil apapun, dapat mereka temukan dan itu akan membawa informasi mengenai apa yang terjadi. Bukti kecil seperti bercak darah, sidik jari, bahkan sampah pada sela sepatu dapat membawa informasi mengenai kejadian perkara.

Dokter Foresnsik adalah penasehat ahli bagi kepolisian

Ketika ada suatu kasus kematian yang tidak wajar, keluarga korban akan melapor ke polisi lalu polisi akan meminta dokter forensik untuk melakukan pemeriksaan luar dan pemeriksaan dalam. Pemeriksaan dalam alias otopsi masih agak susah diterima oleh masyarakat Indonesia karena merasa tidak tega melihat jenazah keuargana "dibongkar". Pemeriksaan luar dan dalam ini akan menghasilkan dokumen Visum et Repertum (VR) yang dapat menjadi bukti kasus. Dokter Forensik baru bisa bekerja setelah ada instruksi dari kepolisian. Ada dua macam pemeriksaan jenazah yaitu pemeriksaan luar (visum luar), maupun dalam (visum dalam atau autopsi), tergantung kebutuhan dari kasus yang sedang ditangani.

Hal apa saja yang diperiksa oleh dokter forensik

Dokter Forensik tidak hanya mengurus korban meninggal saja, VR juga belaku untuk korban yang masih hidup, misalnya untuk perlukaan (termasuk keracunan), tindak asusila, dan kejiwaan. Dokter Forensik bisa mengetahui apakah pemukulan atau karena hal lain. Mereka juga bisa mengetahui alat atau metode apa yang digunakan untuk menyiksa korban.

Sementara untuk korban meninggal hal yang akan dicek adalah organ dalam dan cairan tubuh korban. Dalam beberapa kasus, pemeriksaan juga dilakukan di rongga kepala. Namun tenang, semua bukaan akan dijahit dan semua organ akan dikembalikan kembali. Dengan melakukan pemeriksaan ini dokter dapat mengetahi waktu dan penyebab kematian korban.

Dokter Forensik juga menangani kasus pencarian orang tua kandung,kecelakaan lalu lintas dan bencana alam

Untuk membuktikan status hukum anak dan orangtua, tes DNA sering dijadikan dilakukan dan pihak yang bisa dipercaya untuk melaksanakan tes ini adalah Dokter Forensik.

Ahli forensik masih kurang diminati mahasiswa kedokteran

Karena sering berurusan dengan mayat korban kejahatan, bukannya untuk menyelamatkan mereka , kebanyakan dokter tidak memiliki keinginan untuk melangkah ke dunia forensik ini. Memang tidak bisa menyelamatkan korban yang telah kehilangan nyawanya, namun mereka bisa mencegah kejahatan lainnya dengan menemukan pelakunya.

Prospek karirnya cukup cemerlang

Kurang diminatinya jurusan ini menyebabkan tingkat kebutuhan pekerjaan ini tinggi. Selain itu ahli forensik mempunyai kesempatan bekerja di banyak instansi misalnya pusat laboratorium Polri, fakultas kedokteran, juga menjadi ahli dan konsultan. Fungsinya juga sangat strategis, ahli forensik pada umumnya bekerja di bawah lembaga pemerintahan atau negara.

Nah untuk menjadi seorang dokter forensik, tentu terlebih dahulu menyelesaikan pendidikan kedokteran. Jumlah dokter di Indonesia tergolong sedikit dibandingkan kebutuhan, jadi profesi ini sangat diperlukan.Kira-kira apa lagi fakta mengenai ahli forensik yang belum disebutkan diatas ?

Software Klinik, Apotek dan Rumah Sakit Online - Assist.id

Untuk membantu staff, dokter, perawat, admisi dan pemilik bisnis Klinik, Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS yang dapat Anda coba secara gratis selama 14 hari di link ini. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id