Sungguh hal yang menyedihkan apabila pasien yang awalnya ingin menyembuhkan dirinya di fasilitas kesehatan seperti klinik atau rumah sakit malah terkena infeksi dan memperparah penyakitnya.

Berdasarkan survei sekitar 10% pasien yang dirawat di rumah sakit di AS terkena infeksi ketika berada di rumah sakit. Infeksi ini menimpa sekitar 2 juta pasien di AS setiap tahunnya, menyebabkan sekitar 100.000 kematian dan menghabiskan dana sistem pelayanan kesehatan Amerika lebih dari 6.5 milyar dolar AS. Mayoritas jenis infeksi ini dapat dicegah dengan meningkatkan kesadaran dan perilaku sehat Anda selama di rumah sakit dan memastikan peningkatan kebijakan sanitasi di fasilitas layanan kesehatan.

Lakukanlah tips berikut agar Klinik Anda bebas infeksi:

1. Menyediakan Sarana Pembersih

Sediakan peralatan pembersih untuk pasien yang sedang mengantri seperti wastafel dengan sabun cair, tissue kering atau basah dan hal kecil lainnya. Jangan lupa menempel tata cara mencuci tangan yang benar dan beberapa poster sejenis lainnya.

2. Selalu Menjaga Kebersihan

Jangan lupa membersihkan tangan ataupun bagian tubuh yang melakukan kontak langsung dengan pasien sebelum memeriksa pasien lainnya. Anda tentu tidak ingin menjadi penyebab menyebarnya penyakit pada klinik anda bukan.

3. Membatasi Pasien Kontak Dengan Fasilitas Faskes

Jangan biarkan pasien menyentuh peralatan medis anda. Memang sudah menjadi kesepakatan umum bahwa peralatan medis yang tersedia haruslah steril sebelum digunakan dan pastinya anda tidak ingin pasien anda menyentuh peralatan tersebut dan membuatnya tidak steril.

4. Jauhkan tangan anda dari mata dan mulut.

Setelah berinteraksi dengan berbagai macam pasien tentu anda ingin menyingkirkan rasa lelah ataupun debu yang hinggap di mata dan mulut. Namun hindarilah hal ini, paling tidak cucilah tangan anda terlebih dahulu. Bagian mulut dan mata adalah hal yang paling sensitif terhadap penyakit dan tangan anda adalah hal yang paling sering menyebarkannya.

5. jangan menunda-nunda untuk membersihkan sampah medis.

Tenaga medis tentu selalu sibuk namun jangan sampai sampah medis ataupun ceceran , terutama cairan tubuh tertinggal sampai mengering. Hal ini akan lebih mempermudah penyakit untuk menyebar.

Solusi manajemen klinik dengan nyaman dan mudah

Assist.id merupakan solusi digitalisasi klinik yang dapat membantu mengelola klinik dengan berbagai fitur yang Anda butuhkan. Cocok untuk praktek mandiri, klinik umum & bpjs, bahkan rumah sakit. Ingin tahu lebih lanjut? Coba demo aplikasi klinik Assist.id hari iniβ€Œ