Halo Rekan Assist.id! Bulan Agustus Tahun 2020 ini Sistem Klinik Assist.id ada update baru lagi nih yaitu Versi 3.5.5. Kira-kira ada apa aja updatenya? Yuks kita bahas!

Bulan Agustus adalah bulan yang penuh semangat, semangat untuk menuju yang lebih baik lagi. Nah semangat ini lah yang terus ada di Assist.id untuk selalu memberikan yang terbaik bagi Rekan Assist.id. Salah satu caranya adalah dengan menjaga dan terus meningkatkan fitur-fitur dalam Sistem Klinik Assist.id di semua varian seperti Clinica, Pharma, Privata dan yang lainnya melalui update sistem secara rutin. Di minggu pertama bulan Agustus 2020 ini, Sistem Klinik Assist.id telah menghadirkan update versi 3.5.5 dengan update sebagai berikut:


Varian Pharma

  1. Prosedur Tuslah dan Embalase
  2. Laporan Tuslah dan Embalase

All Varian

  1. Pendaftaran Pasien Baru di Modul Kasir
  2. Mode Purchase Order dalam Fitur Restock/Return
  3. Pilihan Pembayaran Langsung saat Restock/Return
  4. Fitur Pesanan & Stok Masuk
  5. Pilihan Tujuan Akun Transaksi
  6. Multipayment Pembayaran di Kasir
  7. Pilihan Metode Pembayaran BPJS untuk Pembelian Obat Langsung
  8. Pencarian Obat pada Repair Stock di Depot
  9. Penambahan Daftar SIP dan STR

Update Pada Varian Pharma by Assist.id

Dalam versi 3.5.5 ini terdapat beberapa update sistem untuk varian Pharma. Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Prosedur Tuslah Dan Embalase

Pada update kali ini bagi Rekan Assist.id yang menggunakan Varian Pharma, Anda dapat menentukan suatu prosedur termasuk Tuslah dan Embalase atau bukan dengan mudah. Tuslah dan Embalase ini dapat Anda masukkan pada prosedur yang sudah ada maupun saat pembuatan prosedur baru pada Modul Setting - Katalog Harga Prosedur.

Tutorial : Menentukan Tipe Tuslah dan Emabalase pada Prosedur

2. Laporan Tuslah Dan Embalase

Kemudian dengan bertambahnya pilihan tipe prosedur Tuslah dan Embalase atau bukan, maka untuk mencatat setiap Transaksi yang terjadi pada prosedur Tuslah dan Embalase ini ditambahkan juga fitur Laporan Tuslah dan Emalase. Pada Laporan ini Anda bisa mengetahui Tanggal Transaksi, Harga Prosedur, Jumlah dan Total Harga.

Tutorial : Membuat Laporan Tuslah dan Emabalase

Update Pada All Varian Assist.id

Selanjutnya, pada Sistem Assist.id Versi 3.5.5 juga terdapat update pada semua varian sistem Assist.id seperti Clinica, Pharma, Privata dan Hemodalisa yang membuat pengelolaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan di tempat Anda menjadi lebih mudah dan nyaman. Apa saja updatenya? Mari kita bahas.

1. Pendaftaran Pasien Baru di Modul Kasir

Wah kabar bahagia nih, sekarang di Modul Kasir Anda bisa mendaftarkan pasien baru juga loh. Fitur ini sangat memudahkan sekali apalagi saat terjadi pembayaran pada pasien yang belum terdaftar sebelumnya misalnya saat ada pembelian obat langsung di Apotek.

Tutorial : Pendaftaran Pasien Baru di Modul Kasir

2. Mode Purchase Order dalam Fitur Restock/Return

Saat melakukan Restock, kini Anda bisa memilih Mode Purchase Order untuk pembelian obat atau barang dimana obat atau barang tersebut dilakukan secara pesanan, bukan barang yang sudah ada saat transaksi. Dengan Mode Purchase Order Obat atau Barang yang dipesan tidak langsung masuk ke dalam Stok obat atau barang.

Tutorial : Mode Purchase Order dalam Fitur Restock & Return

3. Pilihan Pembayaran Langsung saat Restock/Return

Sebelumnya saat Anda melakukan Restoct / Return, status pembayaran transaksi tersebut masuk pada Hutang dan Piutang. Sehingga untuk melakukan pembayarannya melalui Modul Kasir. Pada Update kali ini, transaksi Restock/ Return ini menjadi lebih mudah karena Anda bisa melakukan pembayaran langsung.

Tutorial : Melakukan Pembayaran Langsung Restock & Return

4. Fitur Pesanan dan Stok Masuk

Sebelumnya pesanan Obat atau Barang yang merupakan Purchase Order datanya masuk ke dalam fitur Pre Order. Pada Update versi 3.5.5 ini fitur Pre Order telah berubah menjadi Pesanan dan Stok Masuk. Disini Anda bisa melihat daftar Transaksi Purchase Order dimana Anda bisa mencetak Surat Purchase Order, Set Stok Obat / Barang sesuai dengan jumlah obat / barang yang datang.

Tutorial : Cara Penggunaan Fitur Pesanan dan Stok Masuk

5. Pilihan Tujuan Akun

Update selanjutnya adalah pengaturan Akun mana yang menerima pembayaran transaksi di Kasir. Sebelumnya secara default di Kasir hanya 1 Akun yang bisa menerima atau tujuan masuknya transaksi tersebut. Tapi sekarang jadi semakin kleksibel, karena Anda bisa memilih Akun mana sebagai tujuan Transaksi di Kasir, Misalnya untuk transaksi Tunai Masuk ke dalam Akun Kas, sedangkan untuk transaksi Non Tunai masuk ke Akun Bank.

Tutorial : Memilih Akun Tujuan Pembayaran

6. Multipayment Pembayaran di Kasir

Selain bisa memilih tujuan akun pembayaran, di Kasir juga bisa menerima pembayaran multipayment. Misalnya sebagian dibayar menggunakan metode Tunai, dan sebagian lagi metode Kartu Debit dengan tujuan Akun yang berbeda.

Tutorial : Cara Pembayaran Multipayment

7. Metode Pembayaran BPJS untuk Pembelian Obat Langsung

Masih Update pada Modul Kasir, sekarang updatenya adalah Kasir bisa memilih Metode Pembayaran BPJS untuk pembelian obat langsung atau tanpa resep. Secara otomatis Akun tujuan pembayaran yang terpilih adalah akun Cover BPJS.

Tutorial : Cara Memilih Metode Pembayaran BPJS untuk Penjualan Obat Langsung

8. Pencarian Obat pada Repair Stock di Depot

Update selanjutnya terdapat penambahan fitur pencarian obat saat akan melakukan Repair Stok di Fitur Depot. Fitur ini memudahkan Petugas Medis mencari obat untuk kebutuhan Repair Stock dimana obat dalam suatu Depot jumlahnya bisa banyak sekali.

Tutorial : Cara Melakukan Pencarian pada Repair Stok

9. Penambahan Daftar SIP dan STR

Update terakhir dalam versi 3.5.5 ini adalah penambahan daftar Lembaga yang mengeluarkan SIP dan STR bagi tenaga medis baik Dokter, Perawat, Apoteker dan lain-lain. Penambahan daftar SIP dan STR tersebut diantaranya:

Daftar STR

  • Konsil Kedokteran Indonesia
  • Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi
  • Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia
  • Himpunan Psikologi Indonesia
  • Ikatan Fisioterapi Indonesia
  • Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia
  • Ikatan Okupasi Terapi Indonesia
  • Ikatan Psikologi Klinis Indonesia
  • Ikatan Sinse Indonesia
  • Komisi Farmasi Nasional
  • Dinas Kesehatan Provinsi
  • PTGMI

Daftar SIP

  • Ikatan Dokter Indonesia (IDI)
  • Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)
  • Dinas Kesehatan Daerah
  • Dinas Kesehatan Kabupaten
  • Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten
  • DPC PTGMI Daerah

Itulah Fitur baru dalam Update Sistem Assist.id versi 3.5.5 di bulan Agustus 2020 kali ini. Kami yakin dengan update-update ini akan semakin membantu Anda dalam mengelola Klinik lebih mudah lagi sehingga bisa memberikan pelayanan yang efektif dan maksimal. Selamat mengimplementasikan update versi ini di Klinik Anda ya. Jangan lupa untuk penjelasan selengkapnya tentang langkah-langkah pada Fitur baru ini, Anda bisa Klik link pada bagian Tutorialnya ya.. Semangat Pagi!