Rekam Medis Elektronik telah menjadi favorit klinik dalam menyimpan data Rekam Medis Pasien. Bagaimana tidak? Jika masih menggunakan rekam medis manual, klinik masih harus mengelompokkan rekam medis yang jumlahnya sangat banyak pada lemari penyimpanan, masih kesulitan dalam mencari keberadaan kartu pasien setiap kali pasien berkunjung untuk konsultasi, format penyimpanan diagnosa yang terbatas, tidak lengkap, dan belum mendukung penyimpanan foto, dsb.

Untuk klinik gigi, data berupa foto sebelum perawatan dan sudah perawatan akan sangat membantu sebagai data penyimpanan rekam medis, krusial bahkan. Tidak hanya foto gigi dan gusi sebelum dan setelah perawatan, tentu dalam beberapa kasus, dokter juga memerlukan hasil pemeriksaan rontgen pasien. Format kertas yang tidak sama besar akan membuat staff klinik berpikir lebih keras bagaimana cara penyimpnana data tersebut agar tidak sulit dalam mendapatkannya dengan cepat saat dibutuhkan.

Disinilah peran Denta dalam mempermudah penyimpanan Rekam Medis.

Temukan EMR Hanya Dalam Satu Detik

Diambil dari blog (Pencarian Data Pasien dengan Cepat)

Tidak seperti sebelumnya dimana klinik harus kasak kusuk membongkar lemari penyimpanan kartu rekam medis pasien, sekarang klinik hanya perlu mengetik Nama/nomor MR/nomor BPJS pasien pada search bar, lalu data pasien akan muncul. Dengan data seperti nama, tanggal lahir, nomor MR serta alamat yang tertera, klinik tidak akan kebingungan bahkan apabila pasien memiliki nama yang sama sekaligus. Dengan begini, klinik bisa menghindari kesalahan menginput data pasien double!

Riwayat Pasien Tersimpan Rapi Berdasarkan Tanggal Kunjungan atau Record Based

Timeline View. Gambar diambil dari blog (Cara Melihat Riwayat Konsultasi Pasien Menggunakan Timeline View dan Record Based View)
Record View. Gambar diambil dari blog (Cara Melihat Riwayat Konsultasi Pasien Menggunakan Timeline View dan Record Based View)

Pada sistem informasi klinik Denta, klinik dapat melihat rekam medis pasien berdasarkan waktu kunjungan (Timeline) ataupun berdasarkan Rekam Medis (Record). Dengan fitur ini, klinik akan lebih dimudahkan dalam proses pelayanan kesehatan pasien.

Riwayat Penyakit dan Alergi Mudah Terlihat

Gambar diambil dari blog (Cara Melihat dan Menambahkan Riwayat Penyakit dan Alergi Pasien)
Contoh Riwayat dan Alergi Pasien

Dalam beberapa kasus, pasien memiliki kondisi yang berbeda dari pasien lainnya dalam penanganan suatu penyakit dimana fakta ini tidak boleh terlewatkan oleh dokter (Contoh : Alergi atau penyakit bawaan). Jika masih menggunakan penyimpanan rekam medis secara manual , dokter harus meneliti lagi rekam medis untuk menemukan data riwayat dan alergi pasien atau menanyakan langsung kepada pasien. Jika ini terjadi terkadang pasien merasa sedikit terguncang mengetahui dokter mereka tidak mengingat kondisi pasien itu sendiri.

Tapi kini, tidak perlu khawatir, karena Riwayat dan alergi pasien langsung mudah ditemukan saat dokter mengakses EMR pasien. Dokter tidak perlu lagi kasak kusuk meneliti lagi hasil pemeriksaan rekam medis hanya untuk menemukan apakah pasien memiliki alergi ataupun sekedar menemukan riwayat penyakit pasien.

Diagnosa Berstandar ICD-10

Contoh Menambahkan Diagnosa menggunakan gejala. Diambil dari blog (Cara Mengisi Diagnosa Pasien dengan Standar ICD 10)
Contoh Menambahkan Diagnosa menggunakan kode ICD 10 . Diambil dari blog (Cara Mengisi Diagnosa Pasien dengan Standar ICD 10)

Menambahkan diagnosa pasien sekarang tidak perlu gelisah lagi, karena dengan Denta, tim klinik bisa menambahkan diagnosa dengan Klasifikasi Internasional Penyakit yang sudah terstandar dengan mudah. Tim klinik tinggal mengetik gejala, ataupun kode  ICD lalu klik, maka diagnosa pasien sudah tersimpan dengan rapi ke EMR pasien.

EMR Tidak Lengkap Tanpa Catatan Organ

Diambil dari blog (Cara Mengisi Catatan Organ Pasien pada Sistem Assist.id)

Dalam beberapa kasus pada klinik gigi, Dokter juga perlu menambahkan catatan organ pada diagnosa pasiennya. Denta menyediakan kolom untuk menyimpan catatan tersebut.

Catatan Dokter dan Perawat Dalam Satu Tempat

Catatan Dokter. Gambar diambil dari blog (Cara Mengisi Catatan Dokter pada Sistem Assist.id)
Catatan Dokter. Gambar diambil dari blog (Cara Mengisi Catatan Perawat Pasien pada Sistem Assist.id)

Ini dia bagian yang tak kalah penting dalam Rekam Medis. Rekam Medis SOAP dibutuhkan untuk menyimpan Subjektif, Objektif, Penilaian dokter terhadap keadaan pasien serta Perencanaan untuk pengobatan pasien itu sendiri. Data tersebut harus disimpan dalam format yang mudah disimpan, ditemukan dan mudah dimengerti agar dokter tidak memiliki kendala dalam mengambil tindakan yang diperlukan demi pelayanan kesehatan pasien.

Disini Denta, memenuhi semua kebutuhan tersebut, bahkan melebihi, karena pada Denta juga menyediakan kolom "Catatan Bebas" untuk mengisi , ya, catatan tambahan dari dokter, ataupun perawat.

Tambah Tindakan / Prosedur dan Resep Obat Langsung dari Sistem

Diambil dari blog (Cara Menambah Tindakan / Prosedur pada Sistem Informasi Assist.id)
Diambil dari blog (Cara Menambah Resep Obat dan Racikan pada EMR Pasien)

Tindakan / Prosedur dan obat, biasanya disalin terpisah, lalu staff menyampaikan dokumen obat ke bagian Apotek/Peracikan Obat, dan diteruskan juga ke bagian Kasir. Hal ini akan merepotkan apabila ternyata setelah staff tiba di ruangan peracikan ditemukan stok obat yang tidak mencukupi pada Depot Klinik. Tapi pada Denta, hal itu tidak akan terjadi, karena saat dokter meresepkan obat dari sistem, jika ada stok obat yang menipis akan muncu warning pada sistem. Staff tidak perlu lagi bolak balek ruangan untuk menyampaikan resep dan bisa langsung fokus pada pekerjaan lainnya.

Hasil Lab Tersimpan Rapi pada Sistem

Gambar diambil dari (Cara Menambah Hasil Lab pada Sistem Assist.id)

Pasien yang membutuhkan hasil lab sebelum menjalani perawat medis, kini datanya bisa ditambahkan dan disimpan dengan rapi pada EMR Denta.

Spesial : Odontogram Interaktif

Gambar diambil dari blog (Odontogram Interaktif)
Toolbar untuk mengisi Odontogram. Diambil dari blog (Cara Mengisi Rekam Medis Odontogram)

Ini dia yang spesial, menambahkan odontogram pada EMR pasien hanya dengan klik. Odontogram dilengkapi dengan keterangan gambar dan juga sudah terstandar. Klinik juga dapat menuliskan kode langsung pada kolom gigi yang bermasalah.

Menambah file berkas + Hasil Rontgen

Gambar diambil dari Blog (Update Assist.id Versi 3.5.9)

Fitur terpenting selanjutnya adalah dengan Denta, klinik dapat menambahkan file berkas seperti hasil Rontgen Gigi, foto Gigi sebelum dan setelah perawatan dan berkas yang dibutuhkan lainnya ke EMR pasien.


Perlu diketahui tidak hanya ini fitur yang Denta miliki.

Hanya dengan satu aplikasi, masalah-masalah yang terjadi pada proses pendaftaran, konsultasi, peracikan obat hingga pembuatan laporan terselesaikan sehingga mengurangi beban kerja tim, agar dapat lebih fokus dalam pada peningkatan pelayanan pelanggan dan pengembangan klinik.

Dengan fitur terintegrasi, tampilan simpel dan dapat diakses dimana saja kapan saja, Denta memberikan kemudahan, kecepatan dan fleksibilitas dalam penggunaan aplikasi sehingga kegiatan manajemen praktek menjadi lebih sederhana, bisa Kelola Klinik Tanpa Bikin Pusing deh (。•̀ᴗ-)✧

Tertarik dengan Sistem Informasi Klinik Gigi Premium Denta ?
Silahkan langsung chat dengan kami [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id


Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id