Pada Modul Electronic Medical Record (EMR) Anda bisa melakukan pencatatan terhadap rekam medis pasien berupa diagnosa, catatan odontogram, catatan imunisasi, catatan kesehatan Ibu hamil, menambahkan berkas pasien, menambahkan foto Before After penanganan kesehatan, melakukan order pemeriksaan lab serta upload berkas hasil pemeriksaan lab dan rontgen dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan modul ini, penyimpanan berkas konsultasi pasien bisa dilakukan dengan sistematis, terintegrasi menjadikan pekerjaan Dokter dan Perawat menjadi lebih mudah.

Clinica dan Clinica Pro

Assist.id merupakan solusi manajemen dan operasional fasilitas kesehatan Indonesia. Produk untuk solusi manajemen klinik dari Assist.id adalah Clinica dan Clinica Pro, perbedaannya terlihat pada range fitur yang dapat diaksesnya. Pada dasarnya kedua produk memberikan solusi lengkap end-to-end dari awal pendaftaran, rekam medis elektronik (EMR), apotek, kasir hingga laporan dapat dilakukan pada satu sistem saja yaitu Assist.id. Seluruh sistem Assist.id didesain khusus untuk mudah digunakan dan dapat membantu proses pelayanan yang ada di klinik. Pada kali ini kita akan membahas modul EMR yang ada pada Clinica dan Clinica Pro.

Pelayanan Jadi Lebih Cepat dan Efisien

Teknologi semakin canggih, operasional perlu lebih efisien untuk tetap sustain dan bersaing. Menggunakan sistem dalam operasional dapat memberikan beberapa manfaat pada tim admisi klinik, pasien dan manajemen klinik. Diantaranya adalah :

  • Cukup Satu Aplikasi di Klinik
  • Seluruh fitur saling terintegrasi, terhubung satu dengan lainnya. Kemudahan perpindahan data yang cepat karena berada pada satu aplikasi yang terintegrasi ke rekam medis (bagian dokter), kasir, hingga laporan klinik.
  • Meberikan percepatan pelayanan di klinik yang menjadi salah satu kunci kenyamanan pasien dalam berobat.
  • Bila klinik bekerjasama dengan BPJS maka salah satu keunggulan menggunakan Assist.id adalah admisi tidak perlu lagi banyak input ke banyak sistem dan management tidak perlu kesulitan lama dalam membuat laporan BPJS. Sistem Assist.id bisa bridging dengan aplikasi BPJS, bagian admisi klinik cukup input di sistem Assist.id dengan mudah dan cepat. Bagian manajemen juga dapat langsung mendownload laporan BPJS mudah di modul laporan.

Cari tutorial Assist.id lainnya pada Kotak di bawah ini

Table of Contents

Seputar Modul EMR

Feature Lists

Cara Menggunakan Modul EMR

Anda bisa melakukan pengisian data Rekam Medis dengan mengikuti panduan berikut :

Pertanyaan yang sering ditanyakan


Seputar Modul EMR

Apa itu Modul EMR?

Pada Modul EMR, Anda bisa menambahkan berbagai macam rekam medis yang sudah tersusun rapi berdasarkan waktu konsultasi (Timeline) ataupun berdasarkan Tipe Rekam Medis (Record). Setiap riwayat kesehatan dari pasien baik itu waktu kunjungan, diagnosa, peresepan, tindakan medis dan lain-lain semuanya akan tercatat pada EMR.

Secara default tampilan awal saat membuka modul EMR terdapat nama pasien yang dibantu dengan Color Coding untuk melihat status pasien.

Siapa yang menggunakan Modul EMR?

Modul EMR digunakan pada saat pasien sedang melaksanakan konsultasi dengan Dokter. Dokter dan Asisten Dokter (Bidan / Perawat) bertanggung jawab dalam meggunakan modul ini. Perlu dipastikan bahwa Anda telah memiliki hak akses Modul EMR untuk dapat menggunakan modul ini. Jika staff klinik tidak memiliki hak akses Dokter maka ia tidak bisa menggunakan modul ini. Hubungi Manajemen Fasilitas Kesehatan Anda untuk hak akses tersebut.

Apa itu Compiled EMR?

Setiap fasilitas kesehatan memiliki standar yang berbeda dalam merangkum rekam medis pasiennya. Ada klinik yang mewajibkan pengisian data odontogram, ada klinik yang mewajibkan adanya peresepan obat bagi pasien, ada juga yang tidak.

Untuk memudahkan setiap faskes dengan berbagai kebutuhan EMR yang berbeda satu sama lain, Assist.id menghadirkan Compiled EMR dimana pihak klinik bisa mengatur rekam medis apa saja yang wajib ada dalam satu paket, sehingga dokter tidak perlu lagi pilih banyak jenis rekam medis yang akan diinput di sistem, cukup mengisi Compiled EMR dan pilih untuk isi rekam medis lainnya hanya bila dibutuhkan.

Baca selengkapnya : Pengertian Compiled EMR

Apa itu Color Coding?

Layaknya pada Modul Registrasi dan Rawat Jalan , Modul EMR Assist.id juga dilengkapi dengan sistem Color Coding yang akan memudahkan dalam melihat status pasien. Color Coding itu sendiri adalah sebuah sistem pengkodean berdasarkan warna.

Color Coding membantu membaca status pasien di Klinik

Pada modul EMR ini, ada 5 warna untuk melihat status pasien,  yaitu:

  • Merah = Pending : artinya pasien yang mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi pasien
  • Oranye = Confirmed : artinya pasien sudah dikonfirmasi oleh pihak admisi
  • Ungu = Waiting : artinya pasien sedang menunggu untuk konsultasi / tindakan
  • Biru = Engaged : artinya pasien sedang konsultasi / tindakan
  • Hijau = Succeed : artinya pasien sudah selesai konsultasi / tindakan
Baca selengkapnya : Color Coding di Sistem Assist.id

Fitur Coret Rekam Medis

Data Rekam Medis bersifat rahasia antara dokter dengan pasien, sudah seharusnya diperlakukan dengan sangat hati-hati. Itu sebabnya tidak diperbolehkan terjadi kesalahan penginputan data sekecil apapun. Namun apa jadinya jika terjadi kesalahan dalam proses pencatatan data rekam medis? Apakah data yang salah akan dihilangkan begitu saja? Jawabannya tentu tidak. Sebagai pengingat juga pertimbangan agar kesalahan yang sama tidak terjadi di masa mendatang, data rekam medis tidak bisa dihilangkan, meskipun salah sekalipun. Untuk itulah Assist.id menyediakan fitur Coret Rekam Medis, agar dapat menghindari adanya manipulasi data.

Baca selengkapnya : Fitur Coret Rekam Medis (EMR)

Minimum Requirement Menggunakan Assist.id

Sebelum menggunakan modul EMR ada beberapa hal yang perlu dipastikan, seperti:

  • Pastikan Anda memiliki akun resmi yang diberikan oleh pihak manajemen fasilitas kesehatan Anda.
  • Pastikan akun Anda memiliki hak akses ke sistem Assist.id sebagai Admin
  • Pastikan Internet dengan kecepatan 20 mbps per hardware dan tidak tercampur dengan jaringan lain seperti membuka youtube atau wifi pasien.
  • Direkomendasikan untuk menggunakan browser Google Chrome.

Baca selengkapnya : Minimum Requirements

Alur Standar Pengisian EMR Pasien

Alur standar pengisian data EMR konsultasi pasien adalah sebagai berikut.

  • Pastikan Anda berada pada modul EMR dan pastikan Anda sedang membuka data pasien yang akan ditambahkan EMRnya.
  • Lakukan pengisian hasil pemeriksaan rekam medis
  • lakukan pemesanan obat pasien atau order pemeriksaan lab (jika diperlukan) lalu jika semua data sudah sesuai, klik Simpan.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apakah Modul EMR dapat diakses juga oleh bagian Admin Klinik?

Di sistem Assist.id, setiap staff klinik akan memiliki akun masing - masing yang dapat dipertanggung jawabkan. Setiap akun staff klinik memiliki hak akses yang berbeda - beda. Bila diklinik membutuhkan sebuah akun dapat mengakses modul EMR sekaligus Modul Pendaftaran, Anda dapat diskusikan dengan manajemen klinik untuk mengupdate dan menyetujui hak akses akun tersebut.

Baca Selengkapnya : Apakah staff klinik dapat mengakses seluruh modul klinik?

Saya tidak bisa mengakses akun Assist.id Saya

Bila tidak bisa mengakses akun Anda, pertama-tama coba cek koneksi internet yang ada di klinik. Pastikan koneksi internet Anda stabil, lalu coba masukkan data akun Anda pada halaman log in sistem Assist.id dengan mengisi email/username dan passwordnya. Pastikan Anda mengisi dengan data akun email dan password yang benar. Bila Anda masih mengalami kendala, silahkan gunakan fitur forgot password untuk mengenerate password baru akun Anda atau hubungi live chat Assist.id dibagian kanan bawah website :)

Baca Selengkapnya : Saya tidak bisa mengakses akun Assist.id saya

Bagaimana Bila Ada Fitur Lain Yang Dibutuhkan, Namun Belum Tersedia di Sistem Assist.id?

Jika Anda memiliki fitur yang diinginkan namun belum tersedia di Assist.id, Anda bisa mendiskusikan semua kebutuhan klinik Anda dengan Manajemen Klinik. Lalu pihak Manajemen Klinik bisa menghubungi pihak Assist untuk mendiskusikan kebutuhan fitur fasilitas kesehatan Anda.

Baca Selengkapnya : Bila fitur yang dibutuhkan belum tersedia di Assist.id

Bagaimana Apabila Notifikasi Tidak Muncul?

Biasanya kasus seperti ini terjadi ketika akses Web Browser untuk memberikan notifikasi terblokir. Proses memuat dan mengunggah data masih berjalan dengan normal, hanya saja Faskes tidak mendapatkan notifikasi secara Realtime dimana notifikasi ini sangat penting untuk mengetahui update pelayanan di Faskes.

Baca Selengkapnya : Bagaimana Cara Mengatasi Apabila Notifikasi Tidak Muncul?

Bagaimana Apabila Menu Print Tidak Muncul?

Format print tidak sesuai atau pilihan kertas tidak muncul biasanya terjadi karena menggunakan Browser selain Google Chrome, seperti Mozilla,  Opera, Internet Explorer dan lain-lain. Browser berpengaruh karena bagaimana browser ini menjalankan program-program pada sistem. Tidak semua browser bisa menjalankan dengan lancar karena karakteristik setiap browser berbeda dalam menjalankan sebuah kode program dalam sistem baik secara keamanan, fitur dan kecepatan akses.

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Semoga penjelasan kali ini dapat membantu Anda dalam memahami penggunaan optimal sistem informasi Assist.id. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem di sebelah kanan bawah. Selamat menggunakan!

Live Chat sistem klinik Assist.id